Pernahkah TemanKami mendengar ungkapan seperti “aku mau mencari pekerjaan yang sesuai passion” atau “pekerjaan akan lebih menyenangkan, jika sesuai passion-mu”? Mungkin TemanKami juga termasuk orang yang percaya bahwa mengejar passion adalah kunci untuk meraih kebahagiaan dalam bekerja. Namun, seiring berjalannya waktu dan pengalaman di dunia kerja, biasanya kita bertanya kembali, “apakah pekerjaan sesuai passion bisa memberikan kebahagiaan sekaligus memenuhi kebutuhan finansial?” atau “kalau pekerjaan sesuai passion tidak bisa membantu memenuhi kebutuhan finansial, apakah masih harus memperjuangkan passion?”.

Mengapa Passion Penting dalam Pekerjaan?

Passion memainkan peran penting dalam memberikan semangat dan motivasi di tempat kerja. Tidak dapat dipungkiri, ketika bekerja sesuai dengan passion, pekerjaan terasa lebih ringan, menyenangkan, dan penuh makna. Hal ini juga didukung dengan hasil penelitian tentang pengaruh passion dan engagement worker terhadap motivasi dan potensi sekelompok karyawan di suatu perusahaan yang dilakukan oleh Monika dan Prasetya (2015). Penelitian tersebut menunjukkan bahwa mereka yang bekerja sesuai passion cenderung lebih produktif, kreatif, dan memiliki komitmen yang lebih tinggi terhadap pekerjaannya.

Namun, meski passion bisa menjadi pendorong utama dalam bekerja, penting untuk diingat bahwa passion saja tidak selalu cukup. Sering kali, aspek finansial juga harus dipertimbangkan. Passion yang tidak bisa membantu kamu dalam memenuhi kebutuhan finansial juga bisa menyebabkan tekanan finansial yang berujung pada stres. 

Lalu, bagaimana cara memilih antara passion dan gaji besar? Di antara dua piihan yang dilematis tersebut, sebenarnya TemanKami bisa tidak memilih salah satunya, loh! Sebaliknya, kamu bisa mencoba menyeimbangkan antara passion dan pendapatan. Yuk, simak beberapa tips berikut yang bisa TemanKami pertimbangkan untuk menyeimbangkan antara keduanya.

1. Kenali Potensi Pasar dari Passion Kamu

Tidak semua passion bisa dengan mudah memberikan gaji yang besar. Penting untuk memahami apakah passion TemanKami bisa diubah menjadi sumber pendapatan yang stabil. Misalnya, jika TemanKami memiliki passion dalam bidang seni, kamu bisa pertimbangkan bentuk usaha yang bisa membantumu mendapatkan keuntungan yang besar.

2. Kembangkan Skill yang Dibutuhkan Pasar 

Apabila passion TemanKami tidak secara langsung menghasilkan pendapatan yang besar, cobalah pertimbangkan untuk mengembangkan skill tambahan yang lebih dibutuhkan oleh pasar. Misalnya, bagi TemanKami yang suka menulis, mengembangkan keterampilan dalam copywriting atau content marketing bisa membuka peluang karier di bidang yang lebih menguntungkan secara finansial.

3. Beradaptasi dan Eksplorasi Hal Baru

Baik menjadi pengusaha atau karyawan, TemanKami perlu beradaptasi dengan dunia kerja yang terus berkembang. Tidak bisa dipungkiri, passion bisa berubah seiring waktu, begitu pula dengan kebutuhan pasar kerja. Oleh karena itu, jangan takut untuk mengeksplorasi bidang-bidang baru yang mungkin belum pernah TemanKami pertimbangkan sebelumnya. Hal ini bisa membuka pintu ke peluang karier yang lebih luas.

4. Evaluasi Karier Secara Berkala 

Evaluasilah perjalanan karier TemanKami secara berkala. Kamu perlu memastikan pekerjaan saat ini masih sesuai tujuan jangka panjang yang kamu rencanakan sebelumnya. Apakah pekerjaan TemanKami saat ini masih sejalan dengan passion dan memberikan pendapatan yang cukup? Evaluasi rutin ini akan membantu TemanKami membuat keputusan karier yang lebih baik di masa depan.

Mengejar pekerjaan yang sesuai passion memang ideal, tetapi penting untuk tidak mengabaikan aspek finansial. Penting untuk kita menyeimbangkan passion dan pendapatan untuk meraih karier dan memenuhi kebutuhan dengan bahagia . Tidak hanya itu, kamu juga perlu terus beradaptasi dan mengembangkan diri agar bisa mencapai kesuksesan, baik secara personal maupun profesional. Namun, TemanKami juga perlu ingat bahwa kamu bisa tetap mengerjakan pekerjaan saat ini dan tetap melakukan hal yang kamu suka. Kamu juga bisa menghasilkan uang dari melakukan passion atau hobi kamu. Bagi kamu yang masih bingung dan ingin mebaca tips lainnya tentang passion dan cuan, kamu bisa cek artikel berikut ya!