AdaKami.id- Di berbagai sosial media, heboh sebuah data yang menyebutkan ada 3.912 Warga Negara Indonesia (WNI) memutuskan pindah jadi Warga Negara (WN) Singapura. Menurut Director Political Economy & Policy Studies (PEPS), Anthony Budiawan dilansir dari laman Disway.id ketertarikan WNI berpindah kewarganegaraan karena penghasilan tinggi, fasilitas publik, dan keamanan di Singapura jauh lebih baik. Tak sedikit juga yang memilih untuk pindah negara karena kualitas pendidikan dan kesejahteraan sosial di negara tujuan lebih baik. 

Namun ada berapa hal yang perlu kamu pertimbangkan jugas.Salah satunya adalah biaya hidup yang lebih mahal, tingkat rasisme yang cukup tinggi di beberapa negara, culture shock, dan minimnya relasi atau kerabat di negara asing.

Semuanya tidak akan jadi halangan kalau TemanKami memang sudah memiliki tujuan dan niat yang kuat untuk pindah negara. Berikut beberapa hal yang perlu TemanKami persiapkan saat ingin pindah negara:

  1. Bisa berbicara bahasa Inggris

Hal utama yang TemanKami perlukan saat ingin pindah ke luar negeri adalah memiliki kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik verbal maupun non verbal. Saat kamu ingin mengajukan visa tinggal menetap, pihak kedutaan besar biasanya akan mewawancarai TemanKami dengan bahasa Inggris. Selain itu, bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan oleh banyak orang di berbagai negara saat berkomunikasi dengan pendatang asing. 

  1. Kelengkapan Dokumen

Beberapa dokumen yang TemanKami perlu siapkan untuk pindah negara adalah fotokopi akte kelahiran yang sah, fotokopi akte perkawinan/buku nikah, akte perceraian, atau akte kematian isteri/suami yang sah, Surat Perjalanan Republik Indonesia atau KTP yang sah. TemanKami juga perlu mempersiapkan pas foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar. Selain itu, TemanKami juga perlu menyiapkan surat keterangan dari perwakilan negara asing bahwa dengan kehilangan status Kewarganegaraan Republik Indonesia pemohon akan menjadi warga negara asing. Karena berisiko membuat kewargannegaraan hilang, TemanKami perlu mempetimbangkan kembali keputusan untuk pindah negara.

  1. Menyiapkan tabungan

Dokumen saja tidak cukup tanpa tabungan yang cukup saat memutuskan pindah negara. Saat TemanKami memutuskan untuk pindah negara, biasanya pihak kedutaan besar atau pihak imigrasi negara tujuan akan melakukan pengecekkan berapa saldo atau tabungan yang TemanKami miliki. Hal itu bertujuan agar TemanKami hidup terjamin dan aman saat berada di negara tujuan. Apalagi saat sebelum berangkat ke negara tujuan, pihak kedutaan besar juga akan meminta mutasi rekening milikmu. Jadi TemanKami perlu memastikan bahwa tabungan yang kamu miliki sudah aman untuk pindah negara.

  1. Mempelajari bahasa lokal

Saat memutuskan untuk tinggal di negara tujuan, TemanKami perlu memahami dan belajar bahasa lokal yang ada di sana. Aktivitas ini dikenal dengan dengan survival language yakni bahasa yang perlu dipelajari bagi TemanKami yang sering bepergian ke luar negeri.Hal ini juga akan memudahkan TemanKami dalam berkomunikasi dengan warga lokal di sana. Tak perlu fasih, TemanKami bisa memulai dengan belajar bagaimana bahasa untuk menyapa, memesan makanan, bertransaksi, dan bertanya arah.

  1. Memiliki status yang jelas selama tinggal di sana

Selama tinggal di negara orang, TemanKami perlu memastikan keamanan hidup TemanKami. Selain memiliki tabungan yang cukup, TemanKami perlu tahu dimana akan tinggal selama di sana, pekerjaan apa yang akan dilakukan di sana, lalu tujuan hidup apa yang ingin diraih selama di sana. 

  1. Pertimbangkan biaya hidup 

Seperti yang TemanKami ketahui, biaya hidup di beberapa negara tidaklah murah. TemanKami perlu menghitung berapa kira-kira pengeluaran selama tinggal di sana seperti kebutuhan pokok, transportasi, akomodasi, dan lainnya. Jangan sampai kantong TemanKami boncos karena biaya hidup saja.

  1. Pelajar budaya yang ada di negara tujuan

Agar TemanKami tidak kaget, alangkah baiknya TemanKami melakukan riset terhadap budaya di negara tersebut. Mulai dari kebiasaan bersosial, menyantap makanan, berkendara, hingga aturan-aturan tidak tertulis yang boleh dan tidak boleh dilakukan sebagai warga negara negara tersebut. 

Nah, itu tadi beberapa poin singkat yang perlu TemanKami perhatikan jika ingin tinggal menetap di luar negeri. 

(*)

By F