Cukup banyak keadaan yang membuat seseorang akhirnya harus meminjam uang atau berutang, seperti untuk modal usaha, keperluan sekolah, tagihan biaya rumah sakit, dan sebagainya. Pada saat seseorang berutang, biasanya akan secara konstan berusaha melunasi tagihan yang telah jatuh tempo, tidak bisa mendapatkan apa yang dia inginkan, atau menjadi kewalahan dalam mengatur pengeluaran dan pemasukannya.

Untuk menghadapi situasi tersebut, kamu dapat melakukan 5 tips berikut:

  1. Buat daftar utang yang kamu miliki
    Buat daftar utang dari jumlah yang paling kecil ke jumlah yang paling besar. Kamu dapat mengkategorikan utang mana yang dapat lunas dalam beberapa bulan, dan mana yang dapat dilunasi dalam beberapa tahun.
  2. Tentukan goals untuk melunasi utang kamu
    Kamu perlu menentukan tanggal tertentu untuk melunasi utangmu. Kamu perlu dapat menentukan jumlah atau besaran yang dapat kamu bayarkan, dan berapa kali cicilan hingga utang tersebut lunas. Namun, jangan lupa untuk menentukannya secara realistis, dan disesuaikan dengan tanggal jatuh tempo yang ada ya. Dengan begitu, kamu dapat merencanakan pengeluaranmu untuk pos yang lain dengan lebih baik.
  3. Melunasi utang terkecil dahulu
    Cara ini biasanya dianggap lebih mudah untuk dilakukan. Saat kamu melunasi utang akan memberikan kepuasan psikologis pada diri kamu. Kepuasan tersebut dapat memberikan motivasi untuk melunasi utang atau pinjaman lainnya yang lebih besar.
  4. Melunasi utang termahal dahulu
    Utang termahal yang dimaksud adalah utang dengan bunga tertinggi. Kamu dapat menyisihkan uangmu lebih banyak untuk melunasi utang dengan bunga yang tinggi terlebih dahulu, kemudian membayar utang dengan jumlah yang lebih kecil per bulannya. Cara ini dianggap dapat menghemat uang dalam jangka panjang.
  5. Hindari membuat utang yang baru
    Hindari membuat utang atau mengajukan pinjaman yang baru untuk membayar utang atau mencicil pinjaman yang sudah ada. Jika kamu meminjam atau berutang untuk membayar cicilan atau utang yang sudah ada, utangmu akan menjadi lebih banyak, sehingga dapat mengurangi cashflow kamu.

Lima tips di atas dapat kamu lakukan untuk melunasi utang atau pinjaman kamu. Namun, kamu juga perlu ingat bahwa melunasi pinjamanmu tepat waktu akan meningkatkan credit score kamu.

Tips Adakami: Bagi kamu yang memiliki pinjaman di Adakami, jangan lupa untuk membayar cicilanmu tepat waktu ya, agar kamu dapat memiliki credit score yang baik.