AdaKami.id – Pernikahan merupakan momen bahagia yang dinantikan oleh banyak pasangan. Tidak berhenti di situ, banyak pasangan yang ingin menjadikan momen pernikahannya sebagai momen bahagia yang abadi. Oleh karena itu, menuju pernikahan banyak persiapan yang dilakukan oleh pasangan calon suami istri. Sebagian besar pasangan yang akan menikah, biasanya berfokus pada perayaan pernikahan. Namun, pernahkah TemanKami berpikir untuk membuat perjanjian pranikah?

Seperti namanya, perjanjian pranikah merupakan perjanjian yang dibuat oleh pasangan yang akan menikah. Perjanjian ini ternyata memegang peran penting dalam suatu pernikahan, khususnya bagi pasangan yang memiliki bisnis atau penghasilan masing-masing. Perjanjian tersebut umumnya berisi hak dan kewajiban calon suami dan istri dalam pernikahan. Dilansir dari Kumparan.com, perjanjian pranikah biasanya mengatur terkait pembagian harta atau hak asuh anak dari calon suami  istri. Perjanjian ini juga bisa memberikan perlindungan hukum bagi kedua belah pihak, jika sewaktu-waktu pasangan suami istri harus berhadapan dengan perpisahan dan pengadilan.

Pasangan yang membuat perjanjian pranikah bukan berarti tidak mempercayai satu sama lain. Perjanjian ini biasanya dibuat untuk melindungi hak dan kewajiban mereka, jika terjadi konflik di masa yang akan datang. Dalam perjanjian pranikah, calon suami istri dapat menetapkan kepemilikan dan pengelolaan harta yang dimiliki oleh setiap pasangan. Apabila pernikahan berakhir perceraian, perjanjian pranikah dapat mencegah terjadinya perselisihan terkait pembagian harta.  Selain itu, TemanKami juga bisa menetapkan tanggung jawab keuangan masing-masing pasangan, termasuk pembayaran tagihan, biaya hidup sehari-hari, serta utang. Tidak hanya soal harta, perjanjian pranikah juga bisa mengatur terkait hak asuh anak. Apabila calon pasangan suami istri memiliki rencana memiliki anak, perjanjian ini bisa membantu menetapkan terkait dukungan anak dan hak asuh dengan jelas. 

Adanya perjanjian pranikah dapat memberikan banyak manfaat bagi pasangan yang akan menikah. Dengan melindungi aset, mengatur keuangan, dan mengurangi potensi konflik, perjanjian pranikah membantu pasangan memulai pernikahan dengan kejelasan dan kepastian yang lebih besar. Meskipun mungkin tidak selalu mudah untuk membicarakannya, pentingnya perjanjian pranikah dalam memberikan perlindungan dan keadilan bagi kedua belah pihak tidak bisa diabaikan. Pernikahan merupakan komitmen seumur hidup bersama pasangan dalam menjalani kehidupan. Oleh karena itu, rencana keuangan sebelum menikah menjadi penting agar lebih matang secara finansial. Kamu juga bisa melihat tips pengaturan keuangan rumah tangga di sini ya!