AdaKami.id – Menurut TemanKami, menjadi dewasa itu menyenangkan atau tidak, sih? Tauhukah kamu? Banyak adegan dewasa yang perlu TemanKami tahu saat memasuki usia produktif. Mulai dari kewajiban, kebutuhan, keinginan, bahkan tuntutan yang perlu dipenuhi. Sebenarnya, apa saja “adegan dewasa” yang harus kamu persiapkan saat memasuki usia produktif? Berikut beberapa contoh yang akan kamu temui: 

  1. Membayar Pajak
    Sebagai warga negara yang baik, TemanKami perlu memahami kewajiban pajak yang kamu punya. Kamu bisa mencari berbagai informasi yang berhubungan dengan pajak sebelum kamu melunasi kewajibanmu. Pada akhirnya, pastikan kamu membayar pajak dan melaporkannya tepat waktu ya, TemanKami!
  1. Memenuhi Kebutuhan pokok
    Ketika beranjak dewasa, kita cenderung dituntut untuk menjadi lebih mandiri secara finansial. Hal ini biasanya dimulai dengan membiayai kebutuhan pokok diri sendiri. Kebutuhan pokok yang dimaksud, seperti biaya makan sehari-hari, biaya transportasi, biaya tempat tinggal, dan biaya lainnya. 
  1. Membayar Tagihan atau Utang
    Adegan dewasa lainnya yang sering muncul di usia produktif adalah membayar tagihan listrik, air, pulsa, kartu kredit, atau tagihan dari fintech lending. TemanKami perlu memastikan tagihan tersebut terbayar tepat waktu agar tidak ada penagihan atau biaya tambahan di kemudian hari. Oleh karena itu, kamu perlu membuat rencana keuangan untuk membayar tagihan atau utang tersebut secara konsisten. Kamu bisa melihat tips melunasi tagihan atau utang di sini ya, TemanKami. 
  1. Mempersiapkan Dana Darurat
    Selain perlu beberapa kebutuhan di atas, TemanKami juga perlu menyisihkan sebagian dari pemasukan yang kamu miliki untuk dana darurat. Dana tersebut dapat digunakan untuk membiayai pengeluaranmu, jika terjadi keadaan yang tidak terduga. Misalnya, kehilangan pekerjaan atau sakit yang mendesak.


Tidak dapat dipungkiri, semakin beranjak dewasa, kamu harus menghadapi adegan-adegan dewasa tersebut.  Adegan dewasa yang dimaksud dalam artikel ini adalah kewajiban keuangan yang perlu kamu lakukan saat beranjak dewasa. TemanKami bisa menghadapi adegan-adegan dewasa di atas dengan lancar, jika kamu membuat perencanaan keuangan dan konsisten melakukannya. Yuk, jadi generasi bijak finansial dengan membuat perencanaan keuangan jangka panjang!