Adakami.id– Banyaknya utang atau cicilan yang dimiliki seseorang dapat membuat orang mengalami kebingungan hingga stress untuk melunasinya. Hal ini juga dapat membuat rencana keuangan seseorang menjadi berantakan. Ada dua metode melunasi utang yang dilansir wellsfargo.com, yakni:  

  1. Snowball Method
    Cara melunasi utang untuk metode ini adalah dengan cara membayar atau melunasi utang dari nilai yang paling kecil hingga yang paling besar. Setelah melunasi utang atau cicilan yang paling kecil, kelebihan uang dari utang tersebut digunakan untuk membayar utang terkecil kedua. Cara tersebut dilakukan secara terus-menerus sampai dengan utang yang dimiliki lunas.
  2. Avalanche Method
    Cara melunasi utang untuk metode ini adalah dengan membayar atau melunasi utang atau cicilan dengan bunga terbesar terlebih dahulu. Setelah melunasi utang dengan nilai bunga terbesar, kamu dapat melunasi utang dengan nilai bunga terbesar kedua. Cara tersebut dilakukan sampai dengan utang yang kamu miliki lunas.

Berikut tahapan yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan kedua metode tersebut:

  1. Buatlah daftar seluruh utang yang kamu miliki
  2. Urutkan utang yang kamu miliki sesuai dengan metode yang kamu pilih. Jika kamu ingin menerapkan metode snowball, kamu dapat mengurutkannya dari utang dengan nilai paling rendah ke nilai paling tinggi. Begitu pun sebaliknya, jika kamu ingin menerapkan metode avalanche, kamu dapat mengurutkannya dari utang dengan bunga paling tinggi ke nilai paling rendah.
  3. Tetapkan budget melebihi minimum. Bagi kamu yang ingin menerapkan metode snowball, kamu bisa menentukan berapa banyak biaya tambahan yang dapat kamu keluarkan untuk membayar hutang terkecil kamu. Sedangkan bagi kamu yang ingin menerapkan metode avalanche, kamu bisa menentukan berapa banyak biaya tambahan yang dapat kamu keluarkan untuk membayar jumlah minimun dari utang dengan bunga tertinggi.
  4. Lakukan ketiga tahapan di atas secara berulang sampai dengan utang yang kamu miliki lunas.

Tips AdaKami: Metode snowball sangat cocok bagi kamu yang ingin melunasi utang dengan cepat. Namun jika kamu ingin melunasi utang dengan tetap menghemat pemasukanmu, kamu bisa menerapkan metode avalanche. Kamu dapat memilih metode yang sesuai dengan kondisi finansialmu saat ini. Apapun metode yang kamu pilih, kamu bisa menyempurnakan metode tersebut dengan cara mulai menyisihkan untuk dana darurat, pastikan tagihanmu saat ini terbayarkan tepat waktu, dan pastikan pengeluaranmu sesuai dengan rencana keuangan yang telah dibuat sebelumnya.