AdaKami.id – TemanKami, pernahkah kamu membayangkan bagaimana kehidupanmu saat memasuki usia lanjut? Bagaimanakah kehidupan yang ada di benakmu? Apakah kamu membayangkan kehidupan yang tentram dan sejahtera? Tentu saja, itu menjadi kehidupan yang didambakan oleh semua orang. 

Untuk mewujudkan kehidupan yang tentram dan sejahtera saat lansia, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sejak saat ini, lho! Salah satu hal tersebut adalah dana pensiun. Kira-kira, seberapa penting mempersiapkan dana pensiun sejak dini, ya? Simak artikel ini sampai selesai untuk cari tahu jawabannya, yuk, TemanKami!

  1. Lansia Rentan Terjangkit Penyakit 

Semakin tahun dan semakin memasuki usia lanjut, tubuh manusia akan mengalami penurunan daya tahan. Hal ini membuat seorang lansia akan semakin rentan terkena penyakit, baik ringan maupun berat. Tentunya, proses pengobatan akan membutuhkan banyak biaya. Terlebih lagi, inflasi meningkat setiap tahunnya dan otomatis membuat biaya pengobatan semakin mahal. Oleh sebab itu, mempersiapkan dana pengobatan di masa depan menjadi hal yang penting untuk dilakukan sejak dini, TemanKami!

  1. Lansia Rentan Terabaikan

Ketika masa pensiun tiba, sebagian besar lansia tidak lagi menerima pendapatan setiap bulan, padahal kebutuhan hidup memerlukan biaya yang tidak sedikit setiap bulannya. Sementara itu, kebutuhan lansia tidak selalu mampu dipenuhi oleh anak-anaknya. Dengan demikian, kebutuhan sehari-hari seorang lansia rentan tidak terpenuhi dan akhirnya menjadi terabaikan. Tentunya, kita semua menginginkan kehidupan yang layak saat masa tua nanti kan, TemanKami? Untuk itu, yuk, mulai mempersiapkan dana pensiun sejak dini! 

Selain dua poin di atas, dana pensiun juga bermanfaat untuk membiayai tujuan finansial yang kamu inginkan di masa tua. Misalnya, TemanKami menginginkan gaya hidup yang sama setelah dan sebelum pensiun. Untuk mewujudkan hal tersebut, TemanKami perlu menyiapkan dana khusus agar tujuanmu tercapai. 

Manfaat lain dari dana pensiun adalah biaya kematian. Tidak bisa dipungkiri, proses pemakaman akan membutuhkan sejumlah biaya bukan, TemanKami? Apabila kamu sudah mempersiapkannya sejak dini, tentu akan banyak meringankan orang-orang di sekitarmu nanti. 

Tahukah, TemanKami? Ketika kamu berproses memenuhi dana pensiun, artinya kamu juga sedang berproses memenuhi kebebasan finansial, lho! Untuk itu, yuk, cari tahu juga langkah-langkah mencapai kebebasan finansial melalui artikel AdaKami!