Adakami.id – Merealisasikan impian financial freedom adalah harapan banyak orang. Keberhasilan mengelola keuangan pribadi tidak hanya memberikan kesejahteraan saat ini, tetapi juga menjamin ketenangan pikiran di masa mendatang.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Keuangan Republik Indonesia (2023), financial freedom mencakup kemampuan menjalani hidup sesuai keinginan tanpa merasa cemas terkait masalah keuangan. Hal ini tercapai saat seseorang memiliki aset, investasi, dan sumber pendapatan pasif yang memadai untuk menutupi semua kebutuhan hidup. Dengan begitu, mereka dapat berfokus pada aspek-aspek lain dalam hidup tanpa terganggu oleh distraksi dan stres yang disebabkan oleh masalah keuangan.

Menurut Grant Sabatier, seorang ahli keuangan dan pengarang buku “Financial Freedom” (2019), ada tujuh tingkatan menuju kebebasan finansial. Simak tujuh tingkatannya di bawah ini, yuk!

  1. Clarity

Langkah awal ini melibatkan evaluasi kesehatan finansial. Penting untuk kita memahami dan mencatat situasi keuangan secara menyeluruh, termasuk jumlah uang yang dimiliki, seperti tabungan, aset, nilai barang, sekuritas, investasi, dan simpanan. Selain itu, kita juga perlu mengevaluasi utang yang masih harus diselesaikan sebelum membuat perencanaan keuangan yang diinginkan.

  1. Self-Sufficiency

Pada tingkat ini, seseorang telah mencapai tingkat pendapatan yang memadai untuk memenuhi semua kebutuhan tanpa harus bergantung bantuan dari pihak lain, seperti orang tua atau keluarga. Situasinya mirip dengan hidup dengan mengandalkan gaji secara teratur untuk mempertahankan kehidupan sehari-hari.

  1. Breathing Room

Seseorang yang ada di tingkatan ini masih memiliki dana tersisa setelah melunasi keperluan sehari-hari dan dana itu dapat dialokasikan untuk berbagai tujuan keuangan, seperti dana darurat, investasi, atau persiapan dana pensiun.

  1. Stability

Di tingkat ini, seseorang telah memperoleh stabilitas keuangan dan berhasil melunasi segala jenis utang, termasuk utang kartu kredit. Seseorang yang mencapai kestabilan keuangan biasanya memiliki tabungan dan cadangan dana darurat yang setara dengan enam kali total pengeluaran bulanan.

  1. Flexibility
    Pada fase ini, seseorang mengalami gaya hidup yang lebih lentur. Orang tersebut telah memiliki cadangan dana yang mencukupi untuk membiayai kebutuhan hidup selama dua tahun ke depan, mampu menanggung tagihan dengan mudah, memiliki portofolio investasi yang lebih besar, dan bahkan mampu melakukan self reward dengan bebas.
  2. Financial Independence
    Pada tingkat ini, seseorang bisa dikatakan telah mencapai financial freedom yang mengandalkan pendapatan dari investasi. Jenis investasi ini bisa bervariasi, termasuk sewa properti atau investasi dengan tingkat pengembalian yang tinggi.
  3. Abundant Wealth

Tingkat terakhir ini dikenal sebagai level kekayaan berlebihan. Seseorang memiliki jumlah uang yang melebihi kebutuhannya dan tidak lagi merasa khawatir pada kondisi keuangannya. Dengan demikian, orang itu dapat mengejar passion atau bekerja tanpa adanya tekanan dan stres keuangan.

Kalau kamu sudah sampai tingkat mana nih, TemanKami? Semangat terus untuk mencapai financial freedom, ya! Untuk kamu yang mau hemat di tanggal tua, ada beberapa tips dari AdaKami buat kamu. Yuk, simak tipsnya lewat artikel ini!