Adakami.id – TemanKami pasti tidak asing dengan kata “dompet tipis” atau “kantong kering”. Frasa tersebut biasanya merujuk pada kondisi keuangan yang menipis di akhir bulan. Keadaan di mana masih ada kebutuhan dan keinginan yang belum terpenuhi, tapi belum mendapatkan gaji bulanan. Belum lagi penyesalan yang muncul karena boros di awal bulan. Hal ini bisa membuat TemanKami khawatir, bahkan stres.

Tapi, tahukah kamu? Keadaan di atas bisa kamu hindari, lho! Yuk, simak beberapa tips menghindarinya!

  1. Buat Perencanaan Keuangan
    Ada beberapa metode yang bisa kamu terapkan untuk mengatur keuangan, seperti metode 70/20/10. Metode ini mengarahkan kamu untuk menyisihkan 70% dari pemasukanmu untuk biaya hidup, 20% untuk tabungan, dan 10% untuk bersedekah. Kamu juga bisa mencoba metode 40/30/20/10 yang berarti menyisihkan 40% dari pemasukan untuk memenuhi kebutuhan hidup bulanan, 30% untuk membayar cicilan atau utang, 20% untuk tabungan, dan 10% untuk bersedekah. Untuk mendukung perencanaan keuangan, kamu juga perlu mencatat cashflow yang terjadi. Hal ini diperlukan karena perencanaan keuangan dan pencatatan cashflow merupakan kunci dalam menjaga kondisi keuangan tetap aman.
  2. Hindari Pembelian yang Impulsif
    Pertimbangkan dengan saksama sebelum membeli barang. Ketika menerima pemasukan, kebanyakan orang cenderung membeli barang-barang yang diinginkannya secara impulsif, yaitu membeli tanpa pertimbangan yang matang. Meskipun barang yang dibeli kecil atau didapatkan dengan harga yang murah, pengeluaran tersebut dapat menumpuk dan membuat pengeluaran membengkak untuk hal yang tidak diperlukan. Oleh karena itu, kamu perlu mengikuti perencanaan keuangan yang telah kamu buat sebelumnya agar tidak menyesal di akhir bulan.
  3. Manfaatkan Diskon atau Promo dengan Bijak
    Untuk memenuhi kebutuhanmu, kamu dapat memanfaatkan diskon atau promo yang ada. Kamu bisa memanfaatkan promo tanggal kembar untuk membeli kebutuhan. Pilihlah diskon atau promo yang paling menguntungkan. Kamu juga bisa memanfaatkan promo yang disediakan pada waktu-waktu tertentu. Tapi, kamu tetap perlu waspada. Ada beberapa diskon atau promo yang malah bikin kamu jadi lebih boros, lho! Untuk menghindari jebakan diskon yang ada, kamu bisa baca tipsnya di artikel ini, ya!

Tidak kalah penting dari ketiga tips di atas, kunci dari menghindari kantong kering di akhir bulan adalah mengontrol antara kebutuhan dan keinginan yang kamu miliki. Yuk, lebih bijak dalam mengatur keuangan agar dompet kita nggak pernah tipis ataupun kering!