Adakami.id – Belanja barang diskon dianggap sebagai penghematan bagi sebagian besar orang. Kebiasaan membeli barang dengan iming-iming potongan harga bisa memicu perilaku spaving yang justru berbahaya bagi kondisi finansial kamu.

Istilah spaving muncul untuk menggambarkan perilaku orang yang selalu membeli barang diskon demi berhemat, padahal barang-barang tersebut belum tentu diperlukan dan malah berisiko pemborosan.

Spaving adalah tindakan mengeluarkan uang untuk menghemat uang,” ujar pakar finansial dan perencana keuangan, Andrea Woroch, yang dikutip dari Huffington Post. Andrea melanjutkan, “hanya karena ada barang yang sedang diobral, bukan berarti itu bagus saat kamu tidak membutuhkannya”

Ternyata, ada lima jebakan diskon yang sebenarnya malah bikin kita lebih boros, lho!

  1. Pembelian Berlebihan

Adanya diskon sering kali mendorongmu berbelanja jauh lebih banyak karena harga yang murah, padahal kamu belum tentu membutuhkannya. Hal ini akhirnya membuatmu tergiur dan menghabiskan uang lebih banyak. 

  1. Strategi Gimik Marketing

Kebanyakan harga diskon yang muncul di pasaran adalah harga yang sengaja dinaikkan lebih tinggi dan dibuat seolah-olah diskon. Kalau kamu lihat lebih jeli, banyak harga jual yang sebenarnya sama dengan harga aslinya. Hal ini adalah strategi marketing yang berusaha membuatmu tergiur untuk membeli barang yang terlihat lebih menguntungkan. Untuk itu, lebih hati-hati sebelum berbelanja dengan harga diskon ya, TemanKami!

  1. Beli Lebih Banyak, Baru Dapat Diskon

Kamu pasti pernah membeli lebih banyak barang demi dapat diskon, bukan? Hal ini merupakan salah satu diskon yang menarik. Dengan membeli barang sedikit lebih banyak, kamu bisa mendapatkan potongan harga. Misalnya, harga barang yang kamu beli hanya Rp20.000, tetapi kamu bisa mendapatkan potongan harga Rp10.000 dengan syarat belanja minimal Rp50.000. Pada akhirnya, kamu mengeluarkan sejumlah Rp40.000 dari harga sebelumnya, yaitu Rp20.000. Hmm, jadi lebih banyak kan?

  1. Lupa Membandingkan Harga

Diskon di suatu toko sering membuat kita tergoda dan langsung membeli  suatu barang di toko itu. Padahal sebenarnya, ada toko lain yang tidak memberikan diskon, tetapi menawarkan harga yang lebih murah. Bahkan, lebih murah dibandingkan harga yang telah dibuat diskon di toko sebelumnya. Oleh karena itu, meskipun ada penawaran diskon, sangat penting untuk kita tetap membandingkan harga dengan toko lainnya juga.

  1. Kartu Kredit

Sering kali, kita menemukan diskon dengan syarat pembayaran menggunakan kartu kredit. Artinya, kita perlu memanfaatkan fasilitas pinjaman dari bank untuk membeli suatu produk atau layanan. Tahukah, TemanKami? Penggunaan kartu kredit sebenarnya dapat mengakibatkan pengurangan pengeluaran di masa mendatang. Selain itu, adapula bunga dan biaya administrasi kartu kredit yang harus dipertimbangkan dengan saksama. Jadi, berpikirlah matang-matang sebelum berbelanja dengan kartu kredit ya, TemanKami!Setelah mengetahui jenis-jenis jebakan diskon, kamu juga perlu mengevaluasi pengeluaranmu melalui cashflow untuk menghindari pemborosan nih, TemanKami! Untuk itu baca juga Catat Cashflow Lebih Teratur untuk Masa Depan yang Terukur, yuk!