Adakami.id – Salah satu hal yang penting, tetapi sering terlupakan dalam mencapai financial freedom adalah memantau cashflow. Cashlfow merupakan aliran masuk dan keluar uang dalam keuangan individu. Mencatat cashflow dapat membangun kesadaran finansial. Adanya catatan cashflow dapat membantu kamu memahami seberapa besar uang yang masuk dan bagaimana pemakaian uang tersebut. Catatan cashflow juga dapat membantu kamu mengevaluasi dan membuat perencanaan keuangan. Selain itu, catatan cashflow juga dapat membantu kamu saat mengatur prioritas dan mengendalikan pengeluaran. 

Dalam mengatur keuangan pribadi, TemanKami tidak perlu melakukan pencatatan yang rumit. Kamu dapat menggunakan tabel sederhana untuk mencatat berapa pemasukan dan pengeluaran kamu. Bagi kamu yang ingin mencatat cashflow, tapi bingung bagaimana memulainya, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut, ya! 

  1. Pilihlah metode pencatatan cashflow yang paling sesuai gaya kamu. Kamu bisa mencatat secara manual menggunakan buku catatan, spreadsheet, atau notes di handphone. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pencatat cashflow yang dapat membuat catatan kamu menarik dengan fitur dan penampilannya.
  2. Mulailah dengan mencatat setiap transaksi keuangan yang kamu lakukan. Kamu perlu mencatat setiap transaksi keuangan sekecil apapun. Usahakan jangan sampai ada yang terlewat ya, TemanKami!
  3. Buatlah kategori dari transaksi yang kamu buat, seperti makanan, transportasi, tagihan, hiburan, dan sebagainya. Hal ini dapat membuat catatan keuanganmu lebih terstruktur. Dengan begitu, kamu dapat memahami pola pengeluaran kamu lebih baik. 
  4. Lakukan penyesuaian secara berkala antara catatan cashflow dengan mutasi rekening dan tagihan kamu. Hal ini dapat membantu kamu memastikan bahwa tidak ada transaksi yang terlewat atau salah dalam pencatatanmu. 

Dalam membangun kebiasaan mencatat cashflow, diperlukan waktu dan kedisiplinan. Kamu dapat memulainya secara perlahan hingga terbiasa. Apabila sudah terbiasa melakukan pencatatan cashflow, kamu dapat memahami kondisi keuanganmu. Artinya, kamu berhasil mengelola keuanganmu dengan lebih baik! Kamu juga dapat mencapai tujuan keuanganmu dengan lebih cepat. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mulai membiasakan catat cashflow pribadi!