AdaKami.id – TemanKami mungkin pernah mendengar BI Checking. Saat ini, BI Checking sudah berganti menjadi SLIK OJK. Dilansir dari CNBC, SLIK atau Sistem Layanan Informasi Keuangan yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah salah satu alat penting dalam penilaian kesehatan keuangan seseorang. Melalui SLIK, OJK memberikan akses kepada lembaga keuangan untuk menilai kelayakan kredit seseorang berdasarkan riwayat keuangan mereka. 

Untuk mengetahui riwayat keuanganmu, kamu dapat melakukan pengecekan langsung melalui SLIK, lo. Berikut caranya: 

  1. masuk ke laman idebku.ojk.go.id.
  2. klik tombol pendaftaran
  3. kasukkan data diri yang diminta
  4. jika data telah sesuai, ceklis pada kolom “Data telah sesuai dan siap tunduk terhadap syarat dan ketentuan OJK” 
  5. tunggupemberitahuan berupa “Pendaftaran Berhasil” dan  nomor pendaftaran yang dapat disalin.
  6. cek status permohonan dengan tekan tombol “Status Layanan”, lalu masukkan nomor pendaftaran
  7. Tunggu proses dari OJK. OJK akan memproses permohonan dan mengirimkannya lewat email paling lambat satu hari setelah permohonan selesai.

Tahukah, TemanKami? Memastikan kualitas data SLIK atau skor kredit kamu tetap baik sangatlah penting untuk keuanganmu. Skor kredit biasanya digunakan untuk proses pengajuan pembiayaan, seperti KPR, kredit kendaraan bermotor, hingga pengajuan pinjaman tunai ke bank dan pengajuan kartu kredit. Skor kredit juga mempengaruhi tingkat bunga yang ditawarkan oleh lembaga keuangan dan syarat kredit yang diberlakukan. Semakin tinggi skor kreditmu, semakin baik juga penawaran yang bisa kamu dapatkan. Tidak hanya itu, saat ini, skor kredit juga mempengaruhi proses lamaran pekerjaan, lo!. Dengan begitu, skor kredit dapat dikatakan memiliki pengaruh penting dalam masa depan keuanganmu. Jadi, jagalah skor kreditmu tetap baik ya, TemanKami!

Nah, berikut beberapa cara menjaga skor kreditmu tetap baik:

  1. Membayar tagihan tepat waktu
    Salah satu faktor utama yang mempengaruhi skor kredit adalah kebiasaan membayar tagihan tepat waktu. Apabila kamu memiliki pinjaman di AdaKami atau bank, pastikan kamu selalu membayar tagihan sebelum jatuh tempo, ya!
  2. Hindari memiliki utang yang berlebihan
    Mengelola utang dengan bijak sangatlah penting. Hindari mengambil pinjaman lebih dari yang kamu perlukan dan hindari juga membuka terlalu banyak akun kredit sekaligus. Sebelum berutang, pikirkanlah kebutuhan dan kemampuan mengembalikanmu secara matang ya, TemanKami!
  3. Hindari gali lubang tutup lubang
    Hindari berutang untuk menutupi utang lainnya. Gali lubang tutup lubang dapat membuat utangmu semakin banyak. Apabila kamu menemukan kesulitan dalam melunasi utang yang kamu punya, kamu dapat mengajukan keringanan atau restrukturisasi pinjaman.

Skor kredit memiliki pengaruh yang besar terhadap keuanganmumu di masa depan. Untuk itu, yuk, bayar tagihan tepat waktu dan jaga skor kreditmu tetap baik!

Sumber: CNBC Indonesia. (2023, November 27). BI Checking Sudah Ganti, Ini Cara Terbaru Cek SLIK OJK. CNBC Indonesia. Retrieved January 30, 2024, from https://www.cnbcindonesia.com/market/20231127092619-17-492226/bi-checking-sudah-ganti-ini-cara-terbaru-cek-slik-ojk