Adakami.id – Self reward adalah penghargaan atau apresiasi yang diberikan kepada diri sendiri. Umumnya, kegiatan ini dilakukan sebagai hadiah atas pencapaian suatu pekerjaan yang berat. 

Kegiatan apresiasi diri ini ternyata memberikan banyak manfaat, salah satunya melepaskan stres dan penat sehingga membuat pikiran menjadi segar. Selain itu, self reward juga bermanfaat untuk memotivasi diri menjadi lebih positif.

Sebetulnya, self reward dengan jalan-jalan atau membeli barang yang diinginkan tidak akan menjadi masalah selama mampu mengontrol diri dengan baik. Akan tetapi, kadangkala tanpa kita sadari aktivitas  ini diikuti dengan ego yang merasa ingin lebih baik dari orang lain. Dengan begitu, kita menjadi pamer berkedok self reward.

Apabila pamer berkedok self reward terus terjadi, aktivitas ini dapat melenceng dari tujuan awalnya. Bukannya melegakan pikiran, tetapi justru menjadi beban. Pada akhirnya, self reward berubah menjadi kegiatan konsumtif yang berujung pemborosan.

Hal yang harus dihindari saat melakukan self reward:

  1. Tentukan target yang jelas

Self reward tidak seharusnya mudah untuk didapatkan. Jangan sedikit-sedikit terlena melakukan self reward. Coba tentukan suatu target yang tak biasa dan sulit ditaklukan beserta janji penghargaan kepada diri sendiri setelah mencapainya. Setelah itu, berikan usaha sebaik-baiknya sampai kamu bisa memberikan penghargaan atas usahamu.

  1. Jangan berlebihan

Cobalah membuat batasan dan jangan jadikan belanja banyak sebagai salah satu bentuk self reward. Memang benar, kegiatan ini menyenangkan. Akan tetapi, kalau dilakukan tanpa batasan, bisa merugikan diri sendiri. Jadi, hindari self reward secara berlebihan, ya!

  1. Sesuaikan dengan budget

Pilihlah self reward  yang tepat, jangan sampai membuatmu  mengeluarkan biaya di luar kemampuan. Hal ini akan membuatmu rugi karena manajemen finansial yang berantakan. Cobalah membuat batasan harga setiap kali menentukan self reward. Kamu juga bisa menentukan sanksi kepada diri sendiri, jika kamu terlanjur belanja di luar batas yang kamu tentukan. 

Di samping mengapresiasi diri, mengontrol diri juga sangat diperlukan. Ingat! Self reward tidak selalu dalam bentuk materi. Bisa dengan meluangkan waktu untuk teman-teman, keluarga, atau diri sendiri yang biasa kita sebut dengan me time. Karena pada dasarnya, tujuan self reward adalah mengapresiasi diri, bukan sekadar bersenang-senang sesaat.