Adakami.id – Masa muda adalah masa yang dipenuhi dengan pilihan dan kesempatan. Pada masa ini pula, tawaran untuk bersenang-senang muncul dengan berbagai ragam. Namun, masa muda juga berhadapan dengan berbagai tantangan, seperti finansial, hubungan, atau bahkan krisis identitas. Oleh karena itu, sebagian besar orang beranggapan bahwa masa muda adalah masa yang tepat untuk mencoba hal-hal baru. Salah satunya, menjadi pengusaha. 

Pada saat ini, banyak anak muda yang masih menjadikan memulai bisnis sebagai pilihan kedua atau ketiga. Kebanyakan anak muda memilih profesi yang lebih pasti dengan gaji tetap setiap bulan, misalnya menjadi PNS atau karyawan swasta. Hal ini disebabkan karena menjadi pengusaha memerlukan proses yang lebih panjang untuk menikmati pendapatan yang stabil, padahal ada beberapa aspek yang sebenarnya menguntungkan kamu jika memulai bisnis sejak muda, lho! Untuk itu, yuk, simak beberapa alasan mengapa kamu harus memulai bisnis di usia muda berikut! 

  1. Biaya Hidup Semakin Tinggi

Semakin berkembangnya waktu, semakin meningkat pula harga kebutuhan pokok yang harus kita penuhi sehari-hari. Selain itu, biaya lain yang sebagian besar orang butuhkan, seperti biaya pernikahan, pembelian tanah, atau pembangunan rumah juga semakin meningkat.  Kebutuhan tersebut sering kali memaksa kita meningkatkan usaha untuk menyeimbangkan pendapatan dan pengeluaran. Oleh karena itu, dibutuhkan kecerdasan dalam menemukan sumber pendapatan tambahan. Dalam hal ini, membuka usaha dapat menjadi pilihan yang cukup menjanjikan. 

  1. Persaingan Ekonomi yang Ketat

Menemukan pekerjaan bisa menjadi tantangan yang sulit, jika tidak memiliki keterampilan dan keahlian khusus. Meskipun pendidikan bukan satu-satunya penentu kesuksesan seseorang, memiliki kemampuan dan kreativitas yang unik dapat menjadi keunggulan yang signifikan.

Oleh karena itu, pertimbangkanlah memulai bisnis atau menciptakan lapangan kerja sendiri di tengah kesulitan mencari pekerjaan konvensional. Meskipun memulai usaha atau bisnis memerlukan usaha dan dedikasi yang besar, jika kamu memiliki keyakinan pada dirimu sendiri, mengapa tidak memberinya kesempatan? Siapa tahu, usaha yang kamu bangun dari awal dapat menjadi sesuatu yang menghasilkan di masa depan.

  1. Lapangan Kerja yang Terbatas

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), sekitar 7,86 juta orang per Agustus 2023 di Indonesia masih menghadapi masalah pengangguran hingga saat ini. Bahkan, proyeksi menunjukkan angka tersebut  kemungkinan akan meningkat setiap tahun. Hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya lapangan kerja yang memadai. Oleh karena itu, menjadi seorang pengusaha dapat memberikan peluang besar untuk membantu orang-orang yang kesulitan mencari kerja dengan membuka lapangan kerja yang baru.

  1. Tabungan Hari Tua

Mendapatkan penghasilan tambahan melalui peran sebagai seorang pengusaha juga dapat mendukung finansial kita saat memasuki masa pensiun. Dengan memiliki sumber pendapatan ekstra, kita dapat menabung atau berinvestasi dengan kekayaan pribadi. Hal ini juga dapat membentuk kepribadian yang mandiri dan menawarkan jaminan kehidupan yang lebih stabil di masa depan.

Mengambil langkah untuk memulai bisnis sejak muda bukanlah keputusan yang mudah, tetapi dapat memberikan manfaat jangka panjang yang luar biasa dengan tekad, ketekunan, dan kreativitas. Berikut tips dari AdaKami untuk kamu yang ingin berbisnis di era digital. Yuk! dibaca dan dipelajari di link berikut:

 “Pintar Berbisnis di Era Digital: Tips Digital Marketing yang Dapat Diandalkan untuk UMKM”