Adakami.id – Dalam dunia yang terus berubah ini, strategi pemasaran digital bukan hanya pilihan, melainkan suatu keharusan. Dahulu, bisnis UMKM hanya mengandalkan pemasaran offline seperti mulut ke mulut, brosur atau baliho. Kini banyak strategi pemasaran yang mengandalkan dan memanfaatkan smartphone untuk memasarkan bisnis UMKM yang TemanKami miliki.

Digital Marketing juga menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif. Salah satunya, bisnis TemanKami dapat menjangkau target pasar yang lebih luas dan bisa membangun hubungan dengan pelanggan lebih baik dan efektif, serta budget iklan yang dapat diatur dengan fleksibel melalui tools iklan di social media.

Berikut beberapa tips AdaKami dari berbagai sumber:

  1. Membuat Akun Google My Business

Google My Business adalah fitur untuk menampilkan nama serta lokasi bisnis TemanKami di internet. Kalian bisa membuat akun Google Business agar orang-orang dapat dengan mudah menemukan alamat toko melalui Google. Oh iya, bikin akun Google Business gratis lho! 

  1. Promosi melalui Social Media

Promosi dengan Social Media diyakini dapat membantu membangun kepercayaan dalam brand. Maka, TemanKami dapat memulai dengan membangun brand awareness. Dalam melakukan promosi, kalian memiliki 2 opsi, yaitu

Secara gratis dan berbayar. Untuk social media organic (gratis) artinya TemanKami mempromosikan produk dalam akun kalian secara gratis. Sedangkan iklan berbayar atau Social Media Ads biasa untuk mempromosikan produk dengan menentukan target pasar berdasarkan usia, jenis kelamin hingga jarak lokasi 

  1. Kerjasama dengan KOL (Endorsement)

Berikutnya melakukan kegiatan endorsement bekerja sama dengan KOL (Key Opinion Leader) atau pun influencer. Jika TemanKami menjual barang yang sifatnya spesifik, maka sebaiknya melakukan kerjasama dengan KOL. Kebanyakan KOL memiliki konten yang spesifikdi bidangnya masing-masing contohnya ada KOL yang sering kita jumpai seperti Chef, Beauty influencer dan lain-lain. Sehingga dengan kerjasama tersebut, komunikasi pemasaran bisa lebih relevan dengan target audience atau market. 

  1. Membuat Website

Situs web juga merupakan komponen penting dalam struktur bisnis. Selain menyediakan informasi terkait bisnis TemanKami, situs web juga memiliki peran signifikan dalam meningkatkan kepercayaan konsumen, membuat mereka lebih meyakinkan untuk memilih layanan atau produk dari bisnis TemanKami. Setelah memiliki situs web, pastikan untuk melakukan optimasi agar lebih ramah mesin pencari (SEO-friendly).

  1. Email Marketing

Ketika berbelanja melalui situs web, konsumen akan mencantumkan alamat email mereka sebagai bagian dari informasi yang diperlukan. Alamat email tersebut berperan penting dalam memberikan pembaruan mengenai status dan perkembangan pengiriman produk. Melalui email, TemanKami juga memiliki kesempatan untuk mempromosikan produk yang sedang mengalami diskon, memberikan voucher, bahkan mengirimkan ucapan ulang tahun kepada pelanggan. Strategi pemasaran melalui email menjadi cara efektif untuk menjaga koneksi dengan pelanggan. Hal tersebut dapat membangun loyalitas pelanggan terhadap produk dan merek bisnis TemanKami.

Nah, demikian sekilas pengetahuan untuk TemanKami tentang Digital Marketing. Selain yang dibahas di artikel ini, apalagi yang menurut TemanKami penting dalam membangun pemasaran UMKM?