Adakami.id – Istilah “girl math” telah menjadi populer di media sosial, khususnya di TikTok, di mana digunakan secara humoris untuk menggambarkan perhitungan yang dilakukan oleh perempuan untuk membenarkan kebiasaan pengeluaran mereka. Girl math juga diartikan sebagai proses membenarkan pengeluaran dengan memecah harga suatu barang menjadi biaya per pemakaian. Sebenarnya, tren ini bukan membahas tentang perhitungan yang matematis, tetapi cara yang digunakan untuk membenarkan pembelian dan kebiasaan pengeluaran. Contohnya, ketika ingin membeli baju seharga Rp500.000, tetapi menunggu sampai harganya menjadi Rp300.000. Dari perhitungan girl math, saat membeli baju tersebut, Ia untung sebesar Rp200.000.

Dilansir dari Kumparan Women, beberapa orang menganggap tren ini buruk dan bisa menciptakan stereotip bahwa perempuan kurang pintar dalam mengelola keuangan. Menurut mereka, girl math bukanlah perhitungan yang matematis untuk membenarkan pengeluaran. Perhitungan girl math dianggap seperti membenarkan gaya hidup yang terlihat hemat, padahal kenyataannya tidak begitu. Beberapa girl math menganggap membeli barang mewah sebagai aset investasi di masa depan. Memang ada beberapa barang mewah yang dapat menjadi aset investasi. Namun, banyak juga barang mewah yang mengalami depresiasi atau penurunan nilai, sehingga tidak menguntungkan sebagai aset investasi.

Sebaliknya, tren girl math tidak sepenuhnya dianggap buruk. Sebagian orang menganggap girl math sebagai tren yang bagus dan dapat menguntungkan perempuan. Tren ini dapat membantu TemanKami untuk lebih sadar akan apa yang kamu inginkan. Salah satu financial expert, Kelly Ann Winget mengatakan bahwa tren girl math dapat menjadi salah satu alat bantu untuk mengambil keputusan keuangan. Tren ini juga menunjukkan tanggung jawab finansial dalam membeli sesuatu. Hal ini ditunjukkan dari pola pengeluaran yang tidak impulsif. Di mana mereka berhenti sejenak dan berpikir keuntungan yang didapatkan jika mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu. Contohnya, perhitungan girl math menganggap bahwa perawatan kulit dan tubuh dengan biaya yang mahal merupakan investasi jangka panjang. Girl math seringkali berarti ingin meningkatkan kualitas hidup. Jika manicure, makan siang bersama teman, atau barang diskon yang TemanKami tahu akan terpakai dalam jangka waktu yang lama maka itulah girl math, dan itu tidak selalu buruk.

Namun TemanKami tidak perlu terlalu memusingkan cara membenarkan pengeluaran yang kamu lakukan. Fokuslah pada cara mengatur cashflow yang baik untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan finansialmu. Yuk, jadi Generasi Bijak Finansial bersama AdaKami, dengan mulai mencatat pengeluaran cashflow harianmu!