Adakami.id – TemanKami pernah dengar istilah “Soft Saving” belum? Istilah ini sedang populer di kalangan generasi Z dan milenial, lho! Soft saving mengacu pada penggunaan lebih sedikit uang untuk masa depan dan menggunakan lebih banyak uang untuk pengalaman saat ini, perawatan diri, dan pengeluaran lainnya dengan bijak. Cara soft saving lebih memprioritaskan pengalaman, perkembangan diri, kesehatan mental, serta tabungan sedikit demi sedikit untuk masa depan. Tren soft saving mendorong kita untuk memberikan prioritas pada pengeluaran saat ini sebagai langkah-langkah kecil menuju pencapaian tersebut.

Cara soft saving menawarkan beberapa manfaat dibandingkan dengan cara menabung tradisional. Soft saving membuat kegiatan menabung lebih mudah untuk dilakukan. Metode ini memungkinkan menabung dalam jumlah yang kecil dan dapat dikelola, sehingga menghilangkan perasaan terlalu membebani untuk menabung dalam jumlah yang lebih besar. Selain itu, soft saving juga cenderung berlaku fleksibel, sehingga memungkinkan TemanKami untuk menyesuaikan tujuan menabung dengan kebutuhan. Untuk membiasakan kebiasaan menabung, TemanKami dapat mengembangkan disiplin dan menciptakan dasar yang kuat untuk masa depan keuangan kamu.

Nah, bagi TemanKami yang merasa kesulitan dalam menabung, berikut Tips AdaKami untuk memulai soft saving:

  1. Alokasikan pendapatan
    Mengalokasikan sebagian kecil dari pendapatan untuk kebutuhan dan tabungan masa depan, sementara menggunakan sebagian besar untuk kebutuhan dan pengalaman saat ini.
  2. Prioritaskan Pengalaman
    Utamakan pengalaman daripada kepemilikan material. Alokasikan uangmu untuk travelling, hobi, dan mengembangkan kemampuan diri, karena hal-hal tersebut dianggap sebagai investasi berharga dalam kesejahteraan pribadi.
  3. Investasi dalam Perkembangan Diri
    Alokasikan sebagian uang kamu untuk meningkatkan softskill, pendidikan dan kesejahteraan mental. Hal ini bisa kamu lakukan dengan mengikuti kursus, lokakarya, terapi, atau kegiatan volunteer yang bisa mengembangkan kemampuanmu.
  4. Seimbangkan Pengeluaran Saat Ini dan Tabungan Masa Depan
    Soft saving mendorong kita untuk dapat menikmati saat ini sambil tetap merencanakan masa depan. Oleh karena itu, TemanKami perlu menyeimbangkan pengeluaran menabung untuk masa depan dan menikmati kehidupan saat ini.
  5. Buat Perencanaan Keuangan
    Meskipun soft saving berfokus pada pengalaman saat ini, TemanKami tetap perlu memiliki rencana keuangan dasar. Perencanaan keuangan ini juga mencakup menetapkan sebagian dari pendapatan untuk tabungan pensiun, dana darurat, dan keamanan keuangan jangka panjang.

Soft saving merupakan metode menabung yang mudah dan efektif bagi TemanKami yang ingin mencapai tujuan keuangan secara bertahap. Meskipun soft saving fleksibel, TemanKami perlu melakukannya dengan konsisten. TemanKami dapat mencapai tujuan keuangan satu demi satu, dengan cara konsisten menyisihkan sejumlah kecil uang untuk mencapai tujuan tertentu. Yuk, mulai konsisten menabung!