AdaKami.id- Sebagai karyawan, mungkin TemanKami pernah diberi pekerjaan yang tidak sesuai dengan jobdesk. Contohnya TemanKami adalah seorang data analyst, tapi juga disuruh untuk mengurus administrasi. Mengerjakan pekerjaan yang bukan menjadi tanggung jawab kita adalah hal yang melelahkan. Kadang kita tidak bisa berbuat apa-apa saat diutus langsung oleh atasan. Tak jarang kita menerimanya, walau dalam hati tidak terima. Lalu, bagaimana mengatasinya jika TemanKami diberi pekerjaan yang tidak sesuai dengan jobdesk?

Berikut tips AdaKami berdasarkan pernyataan Talita Zulmi (CEO Bicara HR) yang dilansir dari Parapuan.co jika atasanmu memberikan pekerjaan di luar jobdesk!

1. Komunikasikan Pekerjaan Utamamu ke Atasan

TemanKami perlu menyampaikan pekerjaan utama kepada atasan saat ia memberikan pekerjaan baru. Meski TemanKami mampu mengerjakan, sampaikan bahwa kamu akan mengerjakannya setelah pekerjaan utama selesai. Cara ini bisa menentukan hal apa yang harus menjadi prioritas jika mendapat pekerjaan dadakan. Coba sampaikan dengan bahasa yang sopan seperti  “Saya dengan senang hati akan mengerjakannya untuk mendapatkan ilmu baru, Pak. Namun saya harus mengerjakan pekerjaan utama saya terlebih dahulu yang menjadi prioritas.”

2. Apakah Jobdesk Tambahan Sesuai dengan Kompetensi TemanKami

Sebelum menyetujui untuk mengerjakan pekerjaan tambahan, lebih baik TemanKami melakukan identifikasi terlebih dahulu apakah pekerjaan itu sesuai dengan kompetensimu atau tidak. Mungkin itu adalah pekerjaan terkait, tapi tidak semua pekerjaan ditulis dalam jobdesk karyawan. Selain itu, bisa jadi atasan TemanKami melihat bahwa kamu mampu mengerjakannya. Namun jika TemanKami memang belum paham tugas yang diberikan, coba sampaikan dengan sopan, seperti ini, ” Pak, saya belum pernah mengerjakan ini sebelumnya. Maka dari itu, saya membutuhkan arahan dari Bapak/Ibu untuk mengerjakannya.”

3. Perhatikan Timbal Balik dari Atasan atas Pernyataanmu

Saat Teman kami sudah menyampaikan kedua hal tersebut, coba perhatikan bagaimana reaksi atasanmu. Menurut Talita Zulmi, kadang perusahaan memang memberi pekerjaan di luar tanggung jawab untuk membantu karyawan mengembangkan skills. Siapa tahu itu adalah cara perusahaan memberikan TemanKami kesempatan karier yang lebih bagus. Namun, jika alasan atasan TemanKami karena tidak ada karyawan lain yang mengerjakan atau perusahaan tidak ingin merekrut orang baru, TemanKami perlu mempertimbangkan dulu baik-baik. Mungkin itu adalah tanda jika TemanKami sudah saatnya kamu mendapatkan karier yang lebih baik di luar sana.

Nah, demikian tadi beberapa hal yang bisa TemanKami lakukan jika atasan kantor memberikan pekerjaan di luar jobdesk. Apakah TemanKami pernah mengalami hal tersebut?