AdaKami.id – Menjadi sukses adalah impian semua orang. Namun banyak orang yang menganggap kesuksesan adalah tentang uang, seperti mendapat gaji tinggi. Faktanya, definisi kesuksesan setiap orang berbeda-beda, ada yang beranggapan sukses itu tentang keluarga, pencapaian akademik, hubungan romantis, integritas diri, hidup sederhana, dan masih banyak lagi.

Melansir Very Well Mind, kebanyakan orang mendefinisikan kesuksesan adalah bahagia, kebutuhan terpenuhi, aman, sehat, dicintai, dan tujuan hidup tercapai. Lalu bagaimana caranya agar TemanKami menjadi sukses untuk mencapaidengan tujuan hidup masing-masing?

Berikut beberapa tips AdaKami menurut psikolog Carol Dweck agar sukses dalam hidup!

1. Memiliki growth mindset

Growth mindset atau pola pikir berkembang merupakan salah satu pemikiran yang perlu TemanKami miliki jika ingin sukses. Hal itu dijelaskan oleh psikolog Carol Dweck yang menunjukkan bahwa ada dua pola pikir dasar yang memengaruhi cara orang berpikir tentang diri mereka sendiri dan kemampuan mereka, yakni pola pikir tetap (fixed mindset) dan pola pikir berkembang growth mindset. Biasanya orang yang memiliki growth mindset merasa bahwa dirinya bisa berubah, tumbuh, dan belajar melalui usaha untuk mencapai kesuksesan. Pasalnya, ketika keadaan menjadi sulit, orang dengan growth mindset mencari cara untuk meningkatkan keterampilan dan terus bekerja menuju kesuksesan.

Berbeda dengan growth mindset, fixed mindset adalah pola pikir yang tetap percaya bahwa hal-hal seperti kecerdasan itu statis dan tidak dapat diubah. Biasanya orang yang memiliki pola pikir ini percaya bahwa kesuksesan bukanlah hasil kerja keras, namun dari bakat bawaan.

2. Belajar melatih kecerdasan emosional

Semua orang mungkin bisa dengan mudah belajar mempelajari keterampilan tertentu, tapi tidak banyak orang yang bisa mengontrol diri dan melatih kecerdasan emosionalnya. Pasalnya, kecerdasan emosional mengacu pada kemampuan untuk memahami, memanfaatkan, dan bernalar dengan emosi. Orang yang memiliki kecerdasan emosional biasanya mampu memahami emosi orang lain, tidak hanya emosi mereka sendiri. Ada beberapa cara yang bisa TemanKami lakukan untuk meningkatkan kecerdasan emosional, yakni perhatikan emosi diri sendiri dengan identifikasi apa yang dirasakan dan cari tahu penyebabnya, lalu cobalah untuk mengelola emosi dengan cara menghindari memendam perasaan. Kemudian coba cari cara yang sehat untuk mengatasi apa yang TemanKami rasakan. Jangan lupa untuk mencoba mendengarkan orang lain juga mengenai perasaan mereka. 

3. Belajar untuk resiliensi

Cara TemanKami melakukan resiliensi atau kemampuan untuk pulih dan bangkit, merupakan salah satu bukti ketangguhan mentalmu. Menurut psikolog Carol Dweck, orang yang memiliki ketangguhan mental mampu melihat tantangan sebagai peluang. Biasanya orang yang memiliki kekuatan mental ini selalu memiliki pemikiran bahwa mereka memiliki kendali atas nasib sendiri. Mereka biasanya juga percaya diri dengan kemampuan untuk berhasil, dan berkomitmen untuk menyelesaikan apa yang dimulai. Ada beberapa cara agar TemanKami bisa belajar untuk resiliensi. Pertama, cobalah untuk selalu mencari cara meningkatkan percaya diri dengan cara positif dan mengurangi self talk negative. Lalu cobalah untuk mengembangkan diri dalam berbagai hal dan tentukan apa tujuan hidup TemanKami.

TemanKami, berikut tadi tips menjadi sukses selain berpikir tentang uang. Kalau kamu sendiri, apa nih definisi kesuksesan menurut TemaKami? Tulis di kolom komentar ya!

(*)

By Fir