Sumber: Freepik

AdaKami.id – Siapa bilang acara pernikahan bikin kantong bolong? Nyatanya, TemanKami dapat merayakan hari bahagia dengan anggaran yang hemat dengan tetap khidmat, lho! Dengan sedikit kreativitas dan perencanaan yang cerdas, pernikahan impianmu dapat jadi kenyataan tanpa harus menguras tabungan. 

Yuk, kita eksplorasi beberapa tips sederhana untuk mengelola dana pernikahanmu agar tetap berkesan. Simak penjelasannya dalam artikel ini, ya, TemanKami!

1. Manfaatkan Undangan Online

Dengan kemajuan teknologi saat ini, TemanKami tidak perlu lagi mengeluarkan biaya besar untuk undangan pernikahan yang sebelumnya menggunakan kertas atau kartu dengan biaya yang tidak sedikit. Sekarang, kamu dapat memilih undangan pernikahan online sebagai solusi yang sangat ekonomis, bahkan banyak di antaranya yang tersedia secara gratis.

2. Membatasi Jumlah Undangan Pernikahan

Salah satu penyebab utama tingginya biaya pernikahan adalah jumlah tamu undangan yang berlebihan. Banyaknya tamu secara langsung meningkatkan biaya katering yang harus disiapkan. Untuk mengatasi hal ini, tidak ada salahnya, lho, membatasi undangan hanya untuk orang-orang terdekat, seperti keluarga dan sahabat. Selain lebih hemat, tamu yang terbatas ini juga dapat menjadikan acaramu terasa lebih intim. Bagaimana? Menarik juga kan, TemanKami? 

3. Pilih Dekorasi Pelaminan yang Minimalis

Sesungguhnya, dekorasi pernikahan tidak harus mewah untuk menciptakan suasana romantis, lho, TemanKami! Kamu dapat memilih  konsep dekorasi pernikahan yang sederhana, tetapi tetap elegan. Contohnya, kamu dapat menggunakan bunga segar dari penjual lokal, lilin, atau dekorasi lain yang memiliki sentuhan personal. Menggabungkan berbagai elemen ini dengan kreativitas dapat menghasilkan tampilan yang memukau tanpa perlu menghabiskan banyak anggaran.

4. Pilih Menu Makanan yang Ekonomis

Makanan dan minuman sering menjadi salah satu pengeluaran terbesar dalam acara pernikahan. Untuk menghemat biaya, pertimbangkanlah untuk menyajikan hidangan sederhana yang lezat, seperti menggunakan metode prasmanan atau makanan yang menggunakan bahan lokal dan musiman. 

Selain itu, pastikan juga porsi makanan yang disajikan tidak berlebihan dan sesuai jumlah tamu ya, TemanKami! Jangan ragu untuk bernegosiasi harga dengan penyedia katering. Bandingkan harga dari beberapa katering untuk mendapatkan penawaran terbaik. Tanyakanlah paket-paket yang ditawarkan dan cari tahu apakah ada diskon atau promo yang tersedia.

5. Menikah di Gedung KUA

Cara terakhir untuk menghemat biaya pernikahan adalah melangsungkan akad nikah di Gedung Kantor Urusan Agama (KUA). Pada saat ini, KUA hanya mengenakan biaya sebesar Rp600 ribu, jika pernikahan diadakan pada hari libur, lho, TemanKami! Bahkan, KUA tidak memungut biaya sama sekali, jika akad nikah dilakukan pada hari kerja. Syaratnya, kamu hanya perlu membawa dokumen pernikahan yang diperlukan dan menentukan tanggal bersama penghulu. 

Tahukah kamu, TemanKami? Pada waktu belakangan ini, menikah di Gedung KUA banyak banyak dilakukan oleh pasangan-pasangan muda, lho! Jadi, kamu tidak perlu khawatir, apalagi merasa malu dengan melangsungkan pernikahan di Gedung KUA. 

Itu dia beberapa cara yang dapat TemanKami lakukan untuk mengalokasikan dana pernikahan dengan bijak. Semoga cara-cara di atas berguna agar momen spesialmu dapat dinikmati tanpa adanya stres finansial. Buat TemanKami yang ingin mengetahui berbagai tips mempersiapkan modal pernikahan, kamu dapat membaca artikel AdaKami lainnya di sini, ya!