Menikah merupakan momen yang paling diimpikan oleh setiap pasangan. Namun sebelum beranjak ke momen tersebut, kamu harus berjuang untuk mempersiapkan biaya pernikahan. Tentu bukan pekerjaan mudah, namun itu bukan hal yang mustahil dilakukan.

Nah buat kamu yang berencana ingin segera mempersunting sang pujaan hati, berikut merupakan tips paling mudah mempersiapkan biaya pernikahan.

Perbaiki Gaya Hidup

Satu fakta yang harus kamu hadapi, setelah resmi menyandang status menikah, gaya hidupmu pasti akan berubah. Jika dulu orientasinya untuk kehidupanmu, maka setelah menikah orientasi kamu akan berubah. Semuanya akan terfokus demi keluarga, pasangan, dan anak-anak.

Gunakan momen rencana menikah ini sebagai masa transisi merubah gaya hidupmu. Kamu bisa memulainya dengan mengurangi pengeluaran untuk nongkrong, membeli produk terbaru yang tidak terlalu dibutuhkan, atau liburan-liburan nggak jelas yang memakan banyak biaya.

Memperketat Bujet Transportasi

Tanpa kita sadari, budget transportasi cukup memakan biaya tinggi. Misal saat menggunakan kendaraan pribadi, kamu harus menyiapkan dana tambahan untuk perawatan, biaya BBM dan lainnya. Sementara untuk transportasi umum, jelas ongkos per hari yang harus kamu bayar cukup tinggi.

Nah untuk mengurangi beban tersebut, kamu bisa berbagi kendaraan dengan pasangan saat beraktivitas, menggunakan angkutan massal yang lebih murah, atau beralih dari roda empat ke roda dua. Ingat, fokus kamu sekarang adalah efektivitas budget. Gengsi sebaiknya dipinggirkan dulu!

Selalu Hemat di Akhir Pekan

Bagi pasangan yang masih pacaran, akhir pekan merupakan waktu spesial. Tidak jarang waktu ini akan dimanfaatkan untuk sekedar jalan-jalan dengan mengunjungi tempat-tempat menarik, nongkrong di cafe, atau makan bersama di restoran.

Namun ingat, saat ini kamu sedang dalam misi mengumpulkan dana untuk menikah. Makanya, ketimbang uang yang ada dihabiskan untuk hal-hal yang tidak penting, lebih baik habiskan akhir pekan untuk berkumpul bersama keluarga pasangan.

Hilangkan Pikiran Berhutang

Setelah menikah akan banyak tanggung jawab yang harus dipikul. Kamu dan pasangan tidak bisa bergantung kepada keluarga, dan akan banyak impian yang ingin diwujudkan dalam waktu dekat, termasuk punya momongan, hingga punya rumah sendiri.

Maka dari itu, memasuki fase rumah tangga tanpa hutang merupakan hal yang wajib kamu pertimbangkan. Maka dari itu, sebaiknya jangan mengambil hutang demi menggelar resepsi pernikahan impian. Ketimbang menanggung hutang, lebih baik menikahlah dalam kesederhanaan.

Tingkatkan Saldo Tabungan

Dengan mengencangkan ikat pinggang, tentu akan lebih banyak dana yang bisa kamu simpan sebagai tabungan. Makin banyak dana yang bisa kamu tabungkan dalam setiap bulannya, semakin cepat pula kamu akan bersanding dengan sang pujaan hati.

Kamu bisa menabung langsung di Bank atau bisa juga menyimpan uang dalam bentuk logam mulia. Namun jika ada peluang berinvestasi, maka investasikan uang tersebut. Tapi ingat, pastikan investasi tersebut aman dan dapat memberi keuntungan banyak dalam waktu singkat.

Cari Sampingan

Kamu bisa meningkatkan saldo tabungan dengan mencari penghasilan tambahan. Banyak pekerjaan sampingan yang bisa kamu pilih, mulai dari bisnis online, menjadi driver ojek online, hingga bekerja paruh waktu memanfaatkan waktu luang di akhir pekan.

Intinya, manfaatkan setiap peluang untuk mendapatkan uang tambahan. Kerja keras itu penting demi meraih hasil yang diimpikan.