AdaKami.id – Kita semua tahu bahwa mengelola keuangan dengan bijak merupakan hal penting yang perlu dilakukan secara berkala. Namun, kita sering lupa bahwa pengeluaran kecil juga bisa menambah beban keuangan secara signifikan. 

Coba bayangkan, jika setiap hari TemanKami mengeluarkan sejumlah kecil uang yang mengalir dari dompet, seperti membeli kopi, langganan aplikasi yang jarang digunakan, atau bahkan membayar parkir. Meskipun tampak tidak signifikan, tetapi jika ketika kamu jumlahkan, pengeluaran kecil ini bisa menjadi jebakan finansial, loh! 

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa saja pengeluaran kecil yang bisa menguras anggaran kamu, TemanKami. Simak sampai selesai, ya!

1. Minuman Harian

Membeli minuman kopi, teh, coklat, atau minuman lain  setiap hari mungkin tampak sepele. Akan tetapi, jika kamu hitung, biaya ini bisa menambah angka besar di akhir bulan, TemanKami. Misalnya, jika TemanKami menghabiskan Rp30.000 per hari untuk kopi, itu berarti kamu telah menghabiskan sekitar Rp900.000 hanya untuk kopi. 

Solusinya, TemanKami boleh pertimbangkan untuk membuat kopi di rumah atau menambah konsumsi air putih agar diri tetap terhidrasi tanpa harus membutuhkan minuman tambahan. Bagi kamu yang terbiasa mengunjungi kafe setiap hari, mengurangi frekuensi kunjungan ke kafe atau coffee shop bisa menyelamatkanmu dari pengeluaran yang tampak kecil-kecil ini juga, TemanKami. Selamat mencoba!

2. Makanan dan Camilan di Luar Rumah

Seperti halnya minuman harian, beli makanan dan camilan di luar rumah memang tampak sepele. Akan tetapi, hal itu bisa menambah pengeluaran TemanKami secara signifikan, loh! Setiap pembelian, meski hanya Rp20.000 hingga Rp50.000 setiap makanan, dapat menumpuk jika dilakukan secara rutin. Untuk mengatasi hal ini, TemanKami bisa mencoba membawa bekal camilan saat ke luar rumah. Selain lebih menghemat biaya, tentunya kamu lebih bisa menjamin kebersihan dan kesehatan dari masakanmu sendiri, TemanKami. 

3. Langganan Aplikasi dan Layanan Streaming

Saat ini, banyak dari kita yang memiliki beberapa langganan aplikasi dan layanan streaming. Namun, jika ditinjau kembali, apakah semua aplikasi tersebut sering kamu gunakan? Meskipun biaya per bulan tampak kecil, jika digabungkan, jumlahnya bisa cukup signifikan, loh! Untuk itu, mulailah tinjau langgananmu dan pertimbangkan untuk membatalkan yang tidak sering digunakan! Kamu juga bisa mengajak keluarga atau temanmu untuk menggunakan paket keluarga agar lebih menghemat biaya. 

4. Biaya Parkir dan Transportasi

Sadarkah kamu? Biaya parkir di tempat-tempat umum atau biaya transportasi tambahan, seperti taksi dan ride-sharing, ternyata bisa menambah pengeluaran harian, loh! Untuk memperkecil biaya seperti ini, TemanKami bisa pertimbangkan untuk menggunakan transportasi umum atau mencari alternatif lain yang lebih ekonomis. Salah satunya, jika pergi ke area yang tidak jauh, kamu bisa biasakan diri untuk berjalan kaki. Selain lebih hemat, jalan kaki tentunya lebih sehat, bukan, TemanKami? 

5. Pembelian Impulsif

Selain pengeluaran kecil di atas, membeli sesuatu secara impulsif juga bisa menjadi jebakan pengeluaranmu, TemanKami! Terkadang, kita tidak menyadari saat membeli sesuatu tanpa berpikir panjang, misalnya membeli barang yang tidak benar-benar dibutuhkan saat diskon besar-besaran. 

Untuk menghindari pembelian impulsif, kamu bisa mulai membuat daftar barang yang kamu butuhkan, lalu mengurutkan skala prioritasnya. Ketika kamu hendak berbelanja secara langsung, kamu bisa membuat daftar belanja dan patuhi daftar tersebut untuk menghindari pembelian yang tidak perlu. Yuk, mulai tegas pada dirimu sendiri, TemanKami! 

Cara Mengatasi Pengeluaran Kecil yang Membengkak

1. Catat Semua Pengeluaran 

Cobalah catat setiap pengeluaran harianmu, TemanKami! Ini akan membuatmu lebih mengerti ke mana uangmupergi dan kamu bisa menemukan tempat-tempat di mana kamu bisa berhemat..

2. Evaluasi dan Kurangi 

Jangan lewatkan untuk mengecek dan mengevaluasi kebiasaan belanjamu.  Meskipun tampak sulit, cobalah untuk tegas pada diri sendiri dalam mengurangi pengeluaran yang  tidak terlalu penting, ya, TemanKami!

3. Gunakan Aplikasi Keuangan 

Ada berbagai macam aplikasi keuangan yang bisa kamu pilih untuk membantumu mengelola keuangan, TemanKami. Manfaatkanlah aplikasi tersebut untuk melacak dan mengatur pengeluaran dengan lebih mudah.

Setelah memahami berbagai jenis pengeluaran kecil yang dapat membuat pengeluaranmu membengkak di atas, sekarang saatnya kamu memulai kebiasaan baru untuk menjadikan kondisi keuanganmu lebih sehat, TemanKami! Buat TemanKami yang ingin mengetahui jenis-jenis pengeluaran lainnya, bisa membaca artikel AdaKami yang lain di sini, ya!