Jakarta, 21 Maret 2022 – Melanjutkan semangat dan kosistensi untuk mendorong tercapainya inklusi finansial bagi seluruh masyarakat Indonesia. Sebagai perusahaan fintech lending terkemuka di Indonesia, AdaKami pada tahun 2022 ini terus mendorong laju perekonomian masyarakat dan melanjutkan program yang telah dilakukan tahun sebelumnya melalui kolaborasi dengan banyak pihak. Selain itu, AdaKami juga menghadirkan inovasi teknologi yang mendorong kemudahan akses layanan keuangan sehingga tercapainya ekosistem finansial yang inklusif.

Berdasarkan data Biro Pusat Statistik yang dirilis pada awal Februari 2022, ekonomi Indonesia tahun 2021 tumbuh sebesar 3,69%, lebih tinggi dibandingkan capaian tahun 2020 yang mengalami kontraksi pertumbuhan sebesar 2,07%.  Pertumbuhan juga terjadi di sektor P2P lending, OJK mencatat pertumbuhan di P2P lending sebesar 29,69 juta peminjam pada akhir tahun 2021, meningkat 68,15% dibandingkan pada akhir tahun 2020. AdaKami pun telah memberikan pinjaman sebesar lebih dari 10 triliun dengan jumlah pengguna lebih dari 2 juta sejak berdiri tahun 2018 hingga Februari 2022, hal ini  menunjukkan bahwa kebutuhan masyarakat atas pembiayaan cukup tinggi.  

Pertumbuhan ekonomi terutama pada sektor finansial teknologi tahun lalu, rupanya belum sebanding lurus dengan jumlah pertumbuhan literasi masyarakat yang dapat dikatakan masih rendah hingga saat ini. Upaya peningkatan literasi, sudah tentu menjadi tanggung jawab bersama dan memerlukan dukungan berbagai pihak. Sehingga AdaKami menegaskan kembali komitmennya, untuk terus berupaya meningkatkan tingkat literasi keuangan di Indonesia. “Sebagai bentuk konsistensi dan melanjutkan literasi keuangan kepada Masyarakat yang telah kita lakukan sejak waktu lalu, AdaKami terus berinisiasi untuk melakukan edukasi dan mendukung keuangan masyarakat yang sehat serta inklusif.” Ungkap Jonathan Krissantosa, Business Development Manager AdaKami. 

Upaya edukasi dan literasi keuangan kali ini, AdaKami menggandeng Yuki Kato untuk turut berkolaborasi dan membantu menyampaikan proses edukasi lebih luas lagi. Yuki menyambut positif kolaborasi ini dan berharap dapat membantu masyarakat untuk lebih memahami arti pentingnya literasi finansial itu sendiri. “Sebagai public figure yang juga tak bisa lepas dari dunia fintech, aku cukup yakin bahwa masih banyak orang disekitarku yang masih menggunakan produk fintech itu sendiri, salah satunya fintech lending. Sehingga, aku pengen banget ikut mendukung edukasi kepada mereka.” Tutur Yuki Kato pada acara press conference AdaKami x Yuki Kato: Bijak Dalam Memahami, Mengelola dan Bertanggungjawab Urusan Finansial pada 21 Maret 2022 di Jakarta. Menurut Yuki, dengan adanya kolaborasi bersama AdaKami ini  masyarakat dapat lebih paham mengenai pengelolaan secara bijak dan memiliki siklus keuangan yang sehat dan baik.

Pada kesempatan yang sama, Jonathan menambahkan bahwa masyarakat memiliki hak untuk mendapatkan fasilitas keuangan yang lebih baik guna mendukung kehidupan sehari-hari mereka. “Melalui teknologi finansial, AdaKami hadir untuk menjadi solusi keuangan bagi masyarakat Indonesia dan selalu ada mendukung mereka untuk meraih impian. Karena itu AdaKami selalu berusaha #AdaBuatKamu.” Lanjut Jonathan. Hingga akhir tahun 2022 mendatang, AdaKami terus membuka peluang kolaborasi untuk terus mengedukasi masyarakat luas dan para pengguna AdaKami itu sendiri, untuk lebih memahami hak dan kewajiban dalam penggunaan keuangan serta pendanaan guna mempersiapkan masyarakat yang siap dalam menghadapi perkembangan finansial teknologi.