AdaKami.id- Akhir-akhir ini banyak penipuan terjadi yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab mengatasnamakan AdaKami. Maka dari itu, penting bagi Teman Kami untuk menjaga keamanan akun. Tak main-main, penipuan ini kerap menyebabkan kerugian finansial.

Kamu bisa mengamankan akun milikmu dengan menggunakan sistem OTP atau yang dikenal dengan One Time Password yang menggunakan kode verifikasi lewat SMS nomor handphone yang kamu gunakan di akun AdaKami. Sama seperti PIN atau password, kode OTP bersifat rahasia. Sebagai fintech P2P lending, AdaKami tidak akan pernah menanyakan password akun milikmu.

Biasanya kamu akan menerima kode OTP dari AdaKami setelah aktivasi akun lewat nomor handphone dan melakukan transaksi. Tak hanya itu, kamu juga akan menerima kode OTP ketika mengganti nomor handphone di akun AdaKami milikmu.

Saat kamu melakukan aktivasi AdaKami, namun tidak menerima kode OTP, tak perlu panik dan segeralah untuk mengganti password atau PIN. Berikut beberapa langkah yang bisa Teman Kami lakukan jika hal tersebut terjadi!

Jangan memberikan informasi apapun kepada siapapun

Jika ada yang meminta informasi mengenai akun AdaKami milikmu seperti nomor handphone, PIN, OTP, nomor KTP, nama ibu kandung, atau jawaban pertanyaan keamanan lainnya,  jangan pernah memberikan informasi tersebut. Pasalnya, AdaKami tidak pernah memberikan data pribadi milik Teman Kami. 

Menggunakan PIN berbeda 

Demi keamanan akun AdaKami milikmu, kamu perlu menghindari menggunakan PIN yang sama dengan akun lainmu seperti email atau PIN ATM. Jika ada orang yang mengetahui PIN AdaKami milikmu, coba lakukan beberapa langkah ini:

  1. Buatlah PIN yang tidak mudah ditebak oleh peretas dengan mengkombinasikan alphabet huruf besar, huruf kecil, angka, dan karakter unik. Hindari untuk menggunakan angka yang berurutan dan mudah di tebak.
  2. Jangan menjadikan tanggal lahir  sebagai PIN
  3. Lalu ganti password secara berkala

Hati-hati terhadap pencurian identitas

Tak sedikit kejahatan online dan penipuan yang terjadi mengatasnamakan AdaKami. Maka dari itu penting bagi Teman Kami untuk mengkonfirmasi di call center resmi AdaKami di nomor telepon 1500077, email Hello@cs.adakami.id, atau menghubungi instagram resmi @adakami.id yang bercentang biru. Ingat, jangan tergiur dengan iklan, website, atau akun sosial media yang mengatasanamakan AdaKami dengan menawarkan diskon dan kenaikan limit.

(*)

By F