Adakami.id – Melek Finansial adalah kemampuan yang memungkinkan orang dapat membuat keputusan bijak tentang uang mereka. Melek finansial mencakup pemahaman dan kemampuan dalam perencanaan finansial pribadi, dana darurat, dan perencanaan pensiun, sehingga dapat membuat keputusan yang bijak terkait keadaan finansial mereka. Oleh karena itu, penting bagi setiap orang untuk melek finansial agar dapat mencapai stabilitas finansial, mengurangi risiko finansial, dan mencapai tujuan finansial jangka panjang. Sayangnya, tingkat melek finansial di Indonesia masih tergolong rendah karena masih besarnya gap antara indeks literasi keuangan dan indeks inklusi keuangan. Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan yang dirilis OJK pada tahun 2022, indeks literasi finansial nasional sebesar 49,68 persen di bawah indeks inklusi finansial yang sebesar 85,10 persen.

Beberapa pertanyaan berikut dapat membantumu memeriksa, apakah kamu termasuk orang yang melek finansial:

  1. Apakah kamu dapat membuat anggaran bulanan yang mencakup pengeluaran dasar, tagihan , utang, dan dana pelunasan untuk masa yang akan datang?
  2. Apakah saat ini kamu bebas utang atau apakah kamu mengambil Langkah aktif untuk melunasi utangmu?
  3. Apakah kamu tahu berapa banyak uang yang kamu keluarkan untuk menutupi biaya hidup selama tiga sampai enam bulan?
  4. Apakah kamu memiliki dana darurat?
  5. Apakah kamu memahami perbedaan dan pentingnya investasi dan asuransi?

Jika kamu dapat menjawab “ya” untuk semua atau sebagian besar pertanyaannya, kamu termasuk ke dalam orang yang melek finansial. Namun, jika kamu belum bisa menjawab “ya” untuk semua atau sebagian besar pertanyaan, kamu dapat melakukan beberapa tips AdaKami, yang dirangkum dari berbagai sumber untuk menjadi melek finansial:

  1. Mulai pahami dan kelola pemasukan dan pengeluaranmu, termasuk membuat rencana anggaran untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari apa yang kamu peroleh.
  2. Buatlah tabungan dan investasikan pemasukanmu. Rencana anggaran dapat membantumu mencapai tujuan finansial jangka panjang. Kamu dapat menabung dan berinvestasi dari jumlah yang paling kecil yang kamu bisa untuk memulainya.
  3. Lindungi asetmu. Kamu perlu menyiapkan rencana atau langkah untuk melindungi diri dan asetmu jika terjadi keadaan yang tidak terduga. Hal ini bisa kamu mulai dengan menabung dana darurat dan memiliki asuransi yang kamu butuhkan.
  4. Pastikan kamu melakukan pengeluaran sesuai kemampuanmu. Sebaiknya, kamu menghindari pembelian yang impulsif. Sebelum membeli barang, kamu perlu mempertimbangkan apakah barang tersebut kebutuhan atau keinginanmu.
  5. Tidak semua utang itu buruk, utang juga dapat membantumu menumbuhkan kekayaan jika kamu dapat mengelolanya dengan bijak. Sebelum berutang, sebaiknya pertimbangkan tujuanmu berutang, keadaan finansialmu, serta cara melunasinya.

Kamu bisa mulai menerapkan tips di atas untuk menjadi melek finansial. Tunggu apa lagi? Yuk jadi Generasi Bijak Finansial bersama AdaKami dengan mulai melek finansial.

Sumber:

Kusnandar, V. B. (2022, September 26). Tingkat Literasi Keuangan Masyarakat Indonesia Masih Rendah. Retrieved from Databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/26/tingkat-literasi-keuangan-masyarakat-indonesia-masih-rendah

OJK. (2022, November 24). Infografis Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2022. Retrieved from OJK Otoritas Jasa Keuangan: https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/info-terkini/Pages/Infografis-Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022.aspx#:~:text=Hasil%20SNLIK%202022%20menunjukkan%20indeks,2019%20yaitu%2076%2C19%20persen

OJK. (n.d.). JANGAN SEPELEKAN PENTINGNYA LITERASI KEUANGAN, TERNYATA INI LOH MANFAATNYA! Retrieved from Sikapiuangmu.ojk.go.id: http://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20659

Ramsey Solutions. (2023, April 10). What Do You Need to Know About Financial Literacy? Retrieved from Ramsey Solutions: https://www.ramseysolutions.com/financial-literacy/what-is-financial-literacy