Adakami.id – Banyaknya artis internasional maupun lokal yang ingin menggelar konser di Indonesia membuat jadwal konser mulai menjamur. Hal ini disambut dengan antusiasme masyarakat yang sangat tinggi. Bisa dilihat dari fenomena ticket war Coldplay yang telah berlangsung pada tanggal 17-19 Mei 2023, para penggemar rela melakukan berbagai hal untuk mendapatkan tiket konser Coldplay. Dilansir dari Detik Finance, tidak jarang dari mereka menggunakan jasa pinjaman online (pinjol) untuk meminjam uang demi membeli tiket konser. Hal ini dilakukan oleh penggemar mengingat harga tiket konser tidaklah murah, yaitu dimulai dari Rp 800 ribu hingga Rp 11 juta. Harga tersebut pun belum termasuk pajak sebesar 15% dan biaya layanan 5%.

Tidak ada yang salah dengan menggunakan jasa pinjol untuk membeli tiket konser, selama kamu siap melunasi tagihannya. Adapun beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan sebelum menggunakan jasa pinjol[AM1]  untuk membeli tiket konser, yaitu:

  1. Prioritas
    Kamu perlu mempertimbangkan apakah hal ini merupakan kebutuhan atau hanya keinginan semata. Meminjam uang demi membeli tiket konser disaat kondisi keuanganmu sedang tidak baik, bukanlah hal yang baik untuk keuanganmu. Oleh karena itu, tundalah hal yang bersifat keinginan dan dahulukan apa yang menjadi kebutuhan serta kewajibanmu.
  2. Total utang yang kamu miliki saat ini
    Jika kamu sudah memiliki utang yang cicilannya di atas 30% dari penghasilan, dan total jumlahnya sudah melebihi 50% dari asetmu, menunjukkan bahwa utang yang kamu miliki berada dalam batas yang tidak wajar. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak menambah utang yang bersifat konsumtif. Sebaliknya, mulailah melunasi utang yang kamu miliki untuk mengurangi beban keuanganmu.
  3. Legalitas platform pinjaman online yang akan kamu gunakan
    Sebelum menggunakan jasa pinjaman online, kamu perlu memperhatikan legalitas platform yang akan kamu gunakan. Jangan sampai kamu terjebak pinjol ilegal untuk memenuhi kebutuhan kamu. Untuk membedakan pinjol yang berizin dan diawasi OJK dan pinjol ilegal, kamu dapat memeriksanya melaui website OJK dan WhatsApp OJK. Kamu juga dapat melihatnya melalui website resmi platform pinjol tersebut dan media sosial yang digunakannya.

Tips AdaKami: Konser Coldplay mungkin termasuk event yang ditunggu-tunggu dan jarang. Namun, kamu perlu ingat untuk penuhi kebutuhanmu dan kewajibanmu terlebih dahulu sebelum menggunakan uangmu untuk membeli keinginanmu. Kamu juga bisa mulai menabung dengan konsisten untuk membeli keinginanmu, seperti tiket konser di masa yang akan datang. Dengan begitu, kamu tidak perlu menggunakan dana darurat atau pun merelakan uang untuk memenuhi kebutuhanmu, demi membeli tiket konser yang kamu inginkan.

Sumber:
CNBC Indonesia. (2023, May 11). Bela-Belain Beli Tiket Coldplay Pakai Pinjol, Ini Risikonya! Retrieved from CNBC Indonesia: https://www.cnbcindonesia.com/mymoney/20230511043945-72-436367/bela-belain-beli-tiket-coldplay-pakai-pinjol-ini-risikonya

Detik FInance. (2023, May 16). Heboh Permintaan Pinjol Jelang Konser Coldplay Naik, Ini Kata Bos OJK. Retrieved from Detik Finance: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6722865/heboh-permintaan-pinjol-jelang-konser-coldplay-naik-ini-kata-bos-ojk

Kata Data. (2023, May 17). Tiket Konser Coldplay Resmi Dijual, Ini Beda Pinjol Ilegal dan Berizin. Retrieved from Katadata.co.id: https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/6463854fc023d/tiket-konser-coldplay-resmi-dijual-ini-beda-pinjol-ilegal-dan-berizin

Suara.com. (2023, May 16). Harga Tiket Coldplay Mahal, Begini Atur Keuangan Agar Kantong Tak Jebol. Retrieved from Suara.com: https://www.suara.com/bisnis/2023/05/16/102757/harga-tiket-coldplay-mahal-begini-atur-keuangan-agar-kantong-tak-jebol