Source: freepik.com

AdaKami.id- Akhir-akhir mulai bermunculan berbagai konser mulai dari artis luar negeri hingga dalam negeri. Harga tiket konser tentu tidak murah apalagi untuk artis luar negeri. Tak heran jika tiket konser artis luar negeri bisa langsung soldout dipresale hari pertama. Antriannya bahkan mencapai 500 ribu orang. Sebetulnya fenomena ini adalah indikasi perekonomian Indonesia dalam kondisi yang baik, terbukti tiket-tiket konser artis-artis luar negeri selalu laris di Indonesia.

Namun tidak hanya pengeluaran tiket konser saja yang perlu kamu pikirkan. Pasalnya pasti ada biaya konsumsi, akomodasi, dan mmerchandise yang akan kamu keluarkan. Agar tidak boros saat artis favoritmu datang ke Indonesia, berikut tips hemat menonton konser menurut AdaKami yang melansir dari berbagai sumber:

1. Menjadi volunteer acara

Sebuah acara konser musik biasanya membutuhkan sumber daya manusia agar acara tersebut terlaksana. Tak jarang mereka membuka peluang bagi siapa saja yang ingin jadi volunteer di acara tersebut untuk membantu panitia penyelenggara konser. Biasanya ada yang bertugas menertibkan penonton saat masuk venue, membantu penonton menemukan tempat duduknya, dan masih banyak lagi. Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini menonton konser gratis sekaligus menambah pengalaman kerja.

2. Membeli tiket early bird

Biasanya promotor menyediakan tiket early bird yang harganya lebih murah daripada pembelian normal. Jadi kamu harus rajin untuk mengecek website promotor.

3. Membuat alokasi dana khusus menonton konser

Di antara semua tips, inilah tips yang perlu kamu perhatikan, yakni alokasi dana. Saat memutuskan untuk menonton konser artis favoritmu, pastikan kamu memiliki dana memang untuk tujuan tersebut. Jangan sampai dana yang seharusnya untuk kebutuhan hidup dialokasikan untuk menonton konser hingga kamu harus berutang. Memang tidak ada salahnya berutang jika kamu memiliki tanggung jawab untuk membayar. Namun sebaiknya, kamu perlu mempersiapkan dana terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menonton konser.

(*)