Adakami.id – Dalam dunia yang terus berkembang dan berubah dengan cepat, financial independence semakin dianggap sebagai tujuan penting dalam kehidupan. Financial independence, atau kemandirian finansial, merupakan kemampuan seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan membuat perencanaan finansial di masa depan secara mandiri tanpa bergantung pada pihak lain. Dengan demikian, setelah mencapai financial independence,  seseorang dapat memiliki kendali penuh atas keuangan mereka, serta mengurangi tekanan keuangan dan kecemasan yang mungkin timbul dari ketergantungan pada pihak lain atau sumber pendapatan tertentu. Selain itu, financial independence juga memberikan kebebasan untuk melakukan pilihan hidup yang lebih fleksibel dan sesuai dengan keinginan dan tujuan hidup. Seseorang dapat memilih pekerjaan atau bisnis yang lebih sesuai dengan minat dan kemampuan, serta memiliki lebih banyak waktu dan sumber daya untuk mengejar kegiatan atau hobi yang disukai.

Mencapai financial independence bukanlah hal yang mudah, dalam prosesnya kamu memerlukan usaha yang konsisten dan disiplin. Namun, bukan berarti mustahil untuk mencapai financial independence. Kamu dapat melihat beberapa contoh influencer yang telah mencapai financial independence, salah satunya Maudy Ayunda. Ia menceritakan cara yang Ia terapkan dalam mencapai financial independence melalui channel Youtubenya. Berikut beberapa cara yang dilakukan Maudy Ayunda dalam mencapai financial independence,  yang bisa kamu ikuti:

  1. Berani melawan ego.
    Ego dalam hal ini diartikan sebagai pengeluaran yang lebih karena FOMO atau lapar mata. Oleh karena itu, kamu perlu berani melawan ego untuk belajar mengurangi pengeluaran yang tidak dibutuhkan. Setelah itu, kamu juga perlu bisa mengontrol ego kamu untuk menyisihkan sedikit demi sedikit dari pendapatan yang kamu punya, untuk tabungan dan investasi di masa depan.
  2. Melakukan evaluasi keuangan
    Jika kamu sudah bisa secara perlahan mengontrol ego kamu, kamu perlu mengevaluasi cashflow keuanganmu, baik yang sudah terjadi maupun yang akan terjadi. Kamu dapat melakukan evaluasi ini setiap bulan untuk melihat kondisi keuangan yang kamu miliki. Jangan sampai pengeluaran kamu lebih tinggi dari pada pendapatan kamu setiap bulan.
  3. Belajar investasi sesuai kemampuan
    Untuk mempersiapkan tabungan di masa depan, kamu dapat mulai belajar tentang berinvestasi. Seperti mempelajari jenis investasi, resiko, dan berinvestasi sesuai kemampuanmu.

Tips AdaKami: Financial independence bukanlah hal yang mudah dicapai, namun dengan memulai dari hal-hal kecil, seperti menghemat pengeluaran untuk membeli minuman kopi di luar, dengan membuat minuman kopi sendiri di rumah,  serta mulai melakukan perencanaan yang baik, setiap orang dapat memperoleh kemampuan untuk mengontrol keuangan mereka dan mencapai kemandirian finansial.

Sumber:
Ayunda, M. (2022, August 20). Cuma Orang Privileged yang Bisa Kaya?! Maudy Ayunda’s Booklist. Maudy Ayunda. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=KqSY5R2008U

Caldwell, M. (2022, July 1). What Does Financially Independent Mean? Retrieved from The Balance: https://www.thebalancemoney.com/when-should-i-become-financially-independent-2385820#toc-when-to-become-financially-independent

Wicht, B. (2023, April 6). 9 Reasons to Aim for Financial Independence. Retrieved from The Poor Swiss: https://thepoorswiss.com/reasons-why-financial-independence/