Setiap bulan Agutsus, masyarakat Indonesia selalu merayakan Hari Kemerdekaan yang jatuh pada tanggal 17. Hari Kemerdekaan Indonesia biasanya dimeriahkan dengan berbagai lomba di setiap wilayah yang diselenggarakan oleh kelompok-kelompok masyarakat. Tidak hanya itu, masyarakat juga sering  menghias lingkungan rumah, tempat kerja, atau bahkan rumah pribadi  dengan dekorasi-dekorasi bertema merah putih yang disesuaikan dengan warna bendera Indonesia. Namun nyatanya, tidak semua masyarakat memiliki anggaran yang besar untuk membuat dekorasi. Dalam hal ini, TemanKami tidak perlu khawatir! Kamu bisa membuat dekorasi 17-an dengan menggunakan barang bekas untuk menghemat biaya, lho! Simak poin-poin berikut sampai selesai, ya! 

1. Bendera Merah Putih dari Kertas Bekas 

Dekorasi pertama yang bisa TemanKami coba adalah membuat bendera merah putih mini menggunakan stik es krim dan kertas bekas. Selain itu, kamu juga bisa membuat rantai kertas dengan warna merah dan putih menggunakan benang. Kamu bisa menaruh hiasan ini di langit-langit ruangan atau meja kerjamu untuk membuatnya terlihat meriah. Namun, dekorasi ini tidak disarankan untuk ditaruh di lingkungan rumah karena berpotensi rusak terkena air hujan, ya, TemanKami!  

2. Lampu Hias dari Botol Bekas

Botol bekas juga bisa kamu buat menjadi lampu hias, lho! Caranya, cuci bersih botol plastik, kemudian warnai dengan cat merah dan putih. Setelah kering, buat lubang kecil di bagian bawah botol untuk memasukkan lampu LED kecil. Hiasan ini akan memberikan efek pencahayaan yang cantik dan meriah di malam hari. Tentunya, kamu bisa menggunakan dekorasi ini untuk menghias lingkungan rumah ataupun tempat kerja, ya, TemanKami! Tunggu apa lagi? Yuk, coba buat sekarang juga!

3. Hiasan dari Piring dan Gelas Bekas

Daripada membuang piring dan gelas yang tidak terpakai, TemanKami juga bisa membuatnya menjadi dekorasi 17-an, lho! Kamu bisa warnai piring atau gelasmu dengan warna merah dan putih, lalu menggantung atau menempelkannya di tempat yang ingin kamu hias. Kamu juga bisa menambahkan motif-motif unik, seperti gambar rumah adat, pulau Indonesia, atau batik khas daerahmu. Apabila menggunakan piring atau gelas plastik, tentu kamu bisa menaruhnya di luar ruangan sebagai hiasan lingkungan rumah. Namun, jika kamu menggunakan piring atau gelas kertas, sebaiknya taruh dekorasi ini di dalam ruangan, ya, TemanKami! 

Banyak jalan menuju kemeriahan 17-an tanpa banyak menguras kantong, kan, TemanKami? Ide-ide di atas bisa kamu coba dari sekarang untuk memeriahkan momen 17-an yang hanya datang satu kali dalam satu tahun. Untuk itu, yuk, maksimalkan momen ini untuk mengasah kreativitasmu dengan tetap bijak finansial! Kalau TemanKami tertarik mendaur ulang barang yang tidak terpakai, kamu bisa mendapatkan idenya di sini, ya. Selamat mencoba, TemanKami!