Indonesia merupakan negara yang memiliki keunikan tersendiri sebab negara ini terdiri dari berbagai kepulauan yang tersebar luas. Setiap pulaunya memiliki keragaman suku,  etnis, budaya, adat istiadat, flora, dan fauna. 

Meskipun begitu, ternyata masih ada, loh, sebagian orang yang belum menyadari betapa uniknya Indonesia. Bahkan, jika kita menggali lebih dalam, keunikan yang dimiliki Indonesia mungkin tidak ditemukan di tempat lain. Nah, untuk lebih jelasnya, simak uraian di bawah ini, yuk, TemanKami!

1. Kaya akan Keanekaragaman Alam

Indonesia memiliki keanekaragaman alam yang luar biasa karena letaknya yang strategis di antara dua benua (Asia dan Australia) dan dua samudra (Hindia dan Pasifik). Posisi ini menjadikan Indonesia sebagai jalur pertemuan berbagai jenis flora dan fauna dari kedua benua tersebut. Selain itu, di Indonesia juga terdapat ribuan pulau yang masing-masing memiliki beragam ekosistem, loh, TemanKami! Mulai dari hutan hujan tropis, savana, pegunungan, hingga terumbu karang.

2. Negara dengan Kepulauan Terbesar di Dunia

TemanKami, tahukah kamu? Sebagai negara dengan kepulauan terbesar di dunia, Indonesia mendapatkan banyak sekali keuntungan. Pertama, setiap pulau di Indonesia memiliki harta karunnya sendiri, mulai dari tambang mineral hingga hasil laut yang berlimpah. Hal ini menjadikan Indonesia memiliki potensi ekonomi yang besar di berbagai sektor, seperti perikanan, pertanian, dan pertambangan. Kedua, pemandangan alam dan budaya yang beragam di setiap pulau membuat Indonesia juga memiliki potensi ekonomi yang besar di sektor pariwisata, baik ditujukan kepada wisatawan lokal maupun internasional. 

3. Memiliki Situs Warisan Budaya

Tidak hanya dikenal karena keragaman hayatinya, Indonesia berhasil memikat perhatian dunia karena memiliki berbagai warisan budaya yang istimewa dan diakui oleh UNESCO. Beberapa contoh warisan budaya tersebut, di antaranya Candi Borobudur, Candi Prambanan, Taman Nasional Komodo, Taman Nasional Ujung Kulon, Lanskap Kultur Bali, dan Daerah Manusia Prasejarah Sangiran yang menceritakan tentang sejarah manusia pertama di Indonesia. Pernahkah kamu pergi ke salah satu tempat itu, TemanKami?

4. Negara dengan Bahasa Terbanyak di Dunia

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Indonesia merupakan negara yang terdiri dari banyak pulau yang dihuni oleh berbagai suku dan etnis. Masing-masing suku dan etnis tersebut tentunya memiliki bahasa daerahnya sendiri dengan berbagai dialek yang unik. Kalau dijumlahkan, bahasa daerah di Indonesia dapat mencapai 718 bahasa. Wah! Ternyata, bangsa kita punya bahasa yang kaya ya, TemanKami? 

Nah, itu dia beberapa alasan mengapa Indonesia menjadi salah satu wilayah yang memikat perhatian dunia. Sebagai warga Indonesia, tentu kita harus bangga, cinta, dan ikut menjaga kekayaan ini, ya, TemanKami! Salah satu caranya, kita bisa mulai dengan memilih wisata dalam negeri untuk destinasi liburan yang akan datang. Untuk kamu yang ingin berlibur ke daerah Lombok Tengah, kamu bisa membaca tips hematnya di artikel AdaKami lainnya di sini, ya!