AdaKami.id- Ketika kantor hanya memberimu waktu liburan tiga hari, bingung mau ke mana? Tidak perlu khawatir, TemanKami tetap bisa menghabiskan liburan ke banyak tempat dalam waktu yang singkat. Salah satunya  adalah Lombok Tengah yang memiliki pesona tidak kalah indah dari area Gili. Tidak banyak orang yang mengetahui keindahan Lombok Tengah.

Ada beberapa lokasi yang pastinya sangat indah dan unik, yaitu,  Pantai Kuta Lombok, Pantai Tanjung Aan, Bukit Merese, Pantai Seger, dan Batu Payung. Area wisata tersebut cocok untuk liburan dengan waktu yang singkat karena jaraknya yang berdekatan dan tidak memakan waktu yang lama dalam menjangkaunya. Saat masuk pantai, kamu tidak akan dikenakan biaya tiket masuk jika tidak membawa kendaraan. Jika kamu membawa kendaraan seperti motor atau mobil, mungkin akan dikenakan tarif Rp5.000 hingga Rp20.000 tergantung jenis kendaraan.

TemanKami bisa menginap di salah satu penginapan murah dekat Pantai Kuta yang tarif biayanya sekitar Rp600.000 hingga Rp3 juta untuk tiga hari dua malam berdasarkan pengalaman mimin yang menulis. Dengan estimasi harga tersebut, TemanKami tetap bisa menikmati fasilitas view pantai yang indah, breakfast, dan fasilitas yang nyaman dengan sentuhan ‘back to nature’. TemanKami bisa melakukan survei lewat orang lokal kenalanmu atau lewat aplikasi travel agent. Kamu bisa melihat penawaran paling murah di situ.

Day 1, TemanKami menghabiskan waktu untuk jalan-jalan ke Pantai Tanjung Aan yang indah. Antara pantai dan area penginapan, hanya memakan waktu 15 menit dengan berjalan kaki. Sore harinya kamu bisa melihat sunset di Bukit Merese. Estimasi waktu antara Pantai Tanjung Aan dan Bukit Merese hanya dua menit. Kemudian pada malam hari, kamu bisa menghabiskan waktu bersantai di cafe dekat pantai sambil menikmati hidangan seafood khas Lombok.

Day 2, TemanKami bisa berkunjung ke Pantai Seger. Dari Pantai Kuta ke Pantai Seger sebenarnya hanya memakan waktu 10 menit. Di antara Pantai Kuta dan Pantai Tanjung Aan, Pantai Seger yang paling indah. Sayang jika hanya menghabiskan beberapa jam saja di sana. Sambil menikmati indahnya Pantai Seger, kamu bisa menikmati lezatnya makanan di warung makan lesehan yang menyediakan berbagai makanan khas Lombok yang enak seperti ayam bakar Taliwang.

Day 3, setelah menikmati keindahan Pantai Lombok Tengah, TemanKami bisa berkunjung ke Batu Payung. Batu Payung merupakan wisata tebing tepi pantai yang unik karena tebing batunya berbentuk payung. Jarak antara Batu Payung dengan penginapan lumayan jauh karena memakan waktu hingga dua puluh menit untuk menuju kesana. Tetapi, TemanKami bisa mencicipi kuliner khas Lombok Nasi Puyung yang berada di sekitar area Batu Payung.

Nah, berikut beberapa tips AdaKami jika TemanKami ingin memanfaatkan liburan singkat secara maksimal di Lombok Tengah:

1) Menentukan budget

Langkah pertama yang perlu TemanKami lakukan ialah menentukan budget berapa yang perlu dihabiskan saat liburan singkat di Lombok Tengah nanti. Siapkan 30% budget lebih untuk kebutuhan yang tak terduga saat berlibur singkat. Pengaturan budget dibutuhkan untuk membantu TemanKami mengontrol pengeluaran agar liburan tidak bikin kantong boncos.

2) Membuat itinerary

Langkah kedua, TemanKami perlu membuat itinerary. Itinerary adalah rencana perjalanan ke mana TemanKami akan pergi selama berlibur dan berapa ongkos yang dihabiskan untuk berkunjung ke destinasi yang dituju. Itinerary akan memudahkan TemanKami kemana tujuan pasti untuk memaksimalkan waktu liburan.

3) Berkunjung ke area wisata yang berdekatan

Langkah ketiga, sebaiknya TemanKami memaksimalkan waktu libur dengan berkunjung ke area wisata yang berdekatan seperti area Lombok Tengah. Pasalnya, jika TemanKami mengunjungi suatu area lokasi wisata yang berjauhan, waktu kamu bisa habis  di tengah jalan. Sayang sekali, karena TemanKami hanya memiliki waktu liburan singkat. Jadi manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya. 

Bagaimana? Apakah TemanKami mulai tertarik untuk berlibur di area Lombok Tengah?

(*)

By F