AdaKami.id- TemanKami pasti sudah tidak asing dengan film Confessions of Shopaholic yang pernah hits di masanya. Film yang dibintangi oleh Isla Fisher dan Hugh Dancy ini menceritakan kehidupan seorang jurnalis perempuan yang gila belanja. Jurnalis perempuan itu bernama Rebecca Bloomwood yang diperankan oleh Isla Fisher. 

Setiap hari Rebecca selalu mengunjungi butik-butik langganannya di New York. Ia berjanji pada dirinya sendiri bahwa ia akan tampil sekeren para model di majalah. Profesinya sebagai jurnalis memungkinkan dirinya mampu membeli barang-barang branded dan mahal. Ia bahkan sampai terlilit utang kartu kredit karena hobinya itu.

Meski film ini dikemas dalam genre komedi romantis, ada pelajaran keuangan yang bisa TemanKami pelajari, yakni kurang bijaknya Rebecca dalam memanfaatkan kartu kredit. Memang kartu kredit memiliki banyak manfaat bagi para penggunanya saat akan melakukan aktivitas transaksi. Tapi kartu kredit bisa jadi jebakan bagi TemanKami yang belum memiliki kontrol diri dalam berbelanja atau yang dikenal dengan impulsive buying. Impulsive buying adalah salah satu kelemahan dari Rebecca saat melihat ada tren fashion baru. Padahal, lemari pakaiannya sudah penuh dan banyak pakaian yang tidak terpakai.

Kartu kredit sendiri adalah sebuah kartu yang digunakan untuk melakukan transaksi cashless atau non tunai. Sama seperti PayLater dan P2P lending, kartu kredit bersifat pinjaman dari pihak bank yang mempermudah nasabahnya untuk melakukan transaksi dalam memenuhi kebutuhannya. Sebelum TemanKami memutuskan untuk memiliki kartu kredit, yuk, pahami beberapa poin penting untuk TemanKami pertimbangkan sebelum memutuskan untuk memiliki kartu kredit!

Kelebihan Kartu Kredit

Kemudahan Transaksi Online dan Offline

Kartu kredit memberikan kemudahan saat melakukan transaksi online dan offline. Sehingga memudahkan para penggunanya melakukan transaksi.

Menawarkan Cashback, Point Rewards, dan Promo sehingga Lebih Hemat

Ini adalah salah satu kelebihan kartu kredit yang kerap menjadi alasan seseorang untuk memilikinya. Bank penerbit kartu kredit kerap menawarkan promo-promo menarik mulai dari cashback, diskon, dan point reward. Selain itu, merchant yang bekerjasama dengan kartu kredit juga banyak menawarkan pilihan promo yang membuat penggunanya bisa mendapatkan cicilan hingga 0%.

Limit Pinjaman

Kartu kredit juga bisa menawarkan limit pinjaman dengan jumlah besar kepada nasabah yang berpenghasilan tinggi. Saat kondisi mendesak namun belum gajian, kartu kredit bisa menjadi alternatif pembayaran. Bahkan kartu kredit bisa digunakan untuk tarik tunai.

Alternatif untuk Melakukan Transaksi di Seluruh Dunia

Saat TemanKami  sedang berlibur ke luar negeri, kartu kredit bisa menjadi alternatif alat pembayaran yang sah di berbagai negara. Tentu hal ini memudahkan karena TemanKami tidak perlu repot-repot menukarkan uang tunai ke money changer. 

Beberapa Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan

Syarat Pengajuan yang Lebih ketat

pengajuan kartu kredit cukup ketat karena ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh nasabah. Salah satunya, nasabah harus memiliki penghasilan dengan jumlah tertentu. 

Ada Biaya Administrasi 

Kartu kredit memang mempermudah transaksi dengan memberikan layanan pinjaman, namun konsekuensinya nasabah harus menanggung biaya bunga layanan kartu kredit. Jika TemanKami telat membayar kartu kredit, akan ada denda keterlambatan pembayaran sebesar 3% dari tagihan. Selain itu, kartu kredit juga ada biaya tambahan berupa iuran tahunan yang perlu dibayar.

Penggunaan yang Bijak 

Karena menawarkan kemudahan dalam bertransaksi, kartu kredit bisa mendorong pemiliknya untuk menjadi lebih konsumtif ketika berbelanja. Maka dari itu, TemanKami perlu memerlukan sikap kontrol diri yang kuat ketika menggunakan menggunakan kartu kredit. Kau tidak, TemanKami bisa terlilit jebakan utang seperti apa yang dialami oleh Rebecca dalam film Confessions of Shopaholic

Berikut beberapa tips dari AdaKami mengenai cara bijak memanfaatkan kartu kredit agar tidak terlilit utang seperti yang dialami oleh Rebecca Bloomwood:

  1. Pilih Kartu Kredit Sesuai Dengan Kebutuhan

Ada berbagai jenis kartu kredit yang ditawarkan bank kepada para nasabah. Pilih kartu kredit yang menurut TemanKami sesuai dengan kebutuhan dan penghasilan. Sesuaikan limit kartu kredit dengan penghasilan yang kamu dapatkan.

  1. Kontrol Diri

Memiliki kartu kredit bukan berarti TemanKami bisa sembarangan dalam berbelanja sesuatu. Hal itu bisa mendorong sikap impulsive buying yang justru akan menjerat diri sendiri dalam utang. Sebelum memutuskan berbelanja, ada baiknya membuat list apa saja yang menjadi kebutuhan dan apa saja yang menjadi keinginan.

  1. Tutup atau Non Aktifkan Kartu Kredit jika Tidak Digunakan

Jika TemanKami memiliki kartu kredit dan tidak digunakan, sebaiknya tutup atau nonaktifkan. Meski tidak pernah digunakan, biaya layanan kartu kredit tetap berjalan. Hal itu justru menambah pengeluaran TemanKami.

(*)

By F