AdaKami.id- Pasca pandemi berakhir, mulai banyak acara konser yang bermunculan. Bahkan ada yang rela pergi ke luar negeri hanya untuk menonton konser idolanya. Tentu hal ini juga cukup menyentil industri P2P lending karena banyaknya candaan bermunculan dari netizen, salah satunya sebuah slogan yang ramai di media sosial ”uang bisa dicari, tapi kapan lagi si penyanyi x datang ke Jakarta? Mungkin nggak bisa dua kali. Info pinjaman online dong!”. Candaan tersebut didasari karena harga tiket konser yang tidak murah, bahkan bisa melebihi penghasilan rata-rata masyarakat ibu kota. Di sisi lain banyak aplikasi pinjaman online yang menawarkan limit yang cukup besar.   

Nah, sebelum kamu memutuskan meminjam uang untuk konser, ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan. 

Realistis

Memang mungkin si penyanyi idolamu tidak akan hadir lagi di Indonesia untuk beberapa tahun ke depan, tapi kamu perlu mempertimbangkan apakah bijak mengeluarkan uang untuk membeli tiket konser tersebut yang harganya tidak murah. Apalagi jika persentase pengeluaran tersebut melebihi 30% dari penghasilanmu, itu termasuk pengeluaran yang cukup besar loh. Jadi pertimbangkan kembali apakah kondisi finansial mampu atau tidak untuk membeli tiket konser tersebut.  

Utamakan kebutuhan 

Meminjam uang memang bukanlah hal buruk, tetapi pastikan kamu meminjam uang untuk sesuatu yang lebih penting seperti memenuhi kebutuhan sehari-hari,  bukan hanya sekedar gaya  hiduptermasuk menonton konser. Jika kamu nilai sudah memenuhi semua kebutuhan dan masih ada sisa uang yang lebih, tidak ada salahnya untuk membeli tiket konser.

Jangan FOMO

FOMO atau Fear of Missing Out dialami oleh banyak orang saat ini. Banyak orang yang mendatangi konser bukan karena suka atau berminat mendengarkan lagu-lagu penyanyi yang disukainya, namun karena takut ketinggalan atau FOMO. Bahkan jika kamu menyukai band atau penyanyi tersebut, sebaiknya jangan ikut-ikutan dengan hype-nya saja. Memang bukan hal yang salah, namun alangkah lebih baik jika mempertimbangkannya dengan bijak. 

Bayar utang

Sebelum menghabiskan uangmu untuk menonton konser, pastikan untuk membayar segala kewajiban termasuk utang. Topik ini juga pernah diangkat oleh salah satu artis yang menyindir temannya bisa menonton konser band internasional namun tidak bisa bayar utang. Membayar utang adalah hal yang lebih penting daripada menonton konser. Jika kamu tidak membayar utang, artinya kamu merusak kesehatan keuanganmu sendiri dan menyepelekan kewajiban.

Jika kamu merasa ingin sekali menonton konser penyanyi kesayanganmu tersebut tapi tidak memiliki cukup uang untuk menonton konsernya, ada beberapa tips AdaKami yang bisa menghiburmu. 

  1. Karaoke party

Kalau kamu tidak bisa menonton konser penyanyi kesayanganmu karena masalah biaya, kamu bisa mengakalinya dengan membuat karaoke party di rumahmu atau rumah temanmu. Buatlah acara karaoke party dan undang teman-temanmu yang juga sama-sama menyukai musik si penyanyi tersebut. Selain itu, kamu juga bisa menyiapkan camilan, minuman, dan seru-seruan bersama.

  1. Mengadakan kegiatan olahraga dengan menyetel lagu sang penyanyi

Selain karaoke party, kamu juga bisa mengadakan atau mengikuti acara gerak jalan atau berolahraga dengan treadmill lalu sambil mendengarkan  lagu sang penyanyi. Selain bisa melepas stres karena olahraga, kamu juga bahagia karena bisa bernyanyi seolah-olah bersama penyanyi idolamu.

Pada dasarnya menonton konser dan melakukan dua aktivitas ini, sama-sama meningkatkan hormon dopamine atau kebahagiaanmu. Kelebihannya, kamu tetap bisa menjaga tabungan serta pengeluaran  dengan melakukan dua alternatif ini. Tidak apa-apa belum bisa menonton konser penyanyi favoritmu demi memprioritaskan keuangan yang sehat. Pasalnya, kesehatan keuanganmu bisa mempengaruhi kesehatan mentalmu juga loh!

  1. Bekerja sebagai panitia penyelenggara konser

Jika kamu tidak memiliki budget untuk menonton konser, kamu bisa bekerja sampingan menjadi panitia penyelenggaraan konser. Tidak hanya bisa menonton penyanyi idolamu, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan. 

(*)

By F