AdaKami.id – Salah satu hal yang sangat dinanti selama Ramadan adalah hari Raya Idulfitri. Hari raya Idulfitri atau lebaran biasanya juga menjadi ajang bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat. Menyambut hari raya Idulfiitri, masyarakat Indonesia memiliki tradisinya masing-masing. Ada beberapa hal yang bisa kamu persiapkan agar lebaranmu lebih berkesan dan bermakna. Simak di sini, yuk! 

  1. Menunaikan Zakat Fitrah
    Zakat fitrah merupakan salah satu kewajiban umat muslim menjelang lebaran. Zakat fitrah bisa kamu bayarkan berupa 3,5 liter makanan pokok yang biasanya berupa beras atau berbentuk tunai, yakni setara dengan harga beras tersebut. Pastikan kamu sudah menyisihkan sebagian dari pendapatan kamu untuk menunaikan kewajiban ini, ya! 
  2. Membersihkan Rumah dan Alat Shalat
  3. Momen lebaran biasanya dimanfaatkan untuk berkumpul bersama kerabat dan keluarga. Kamu bisa membersihkan rumah sebelum berangkat mudik atau membersihkan rumah untuk menyambut kerabat dan keluarga yang akan datang ke rumahmu. Kamu juga bisa menambahkan hiasan rumah sehingga suasana rumah menjadi tampak baru dan lebih segar. Selain itu, kamu juga bisa mencuci alat salat untuk mempersiapkan diri melaksanakan ibadah salat Id. 
  4. Belanja Baju Baru dan Kebutuhan Lebaran Lainnya
  5. Biasanya, masyarakat berbondong-bondong membeli baju baru sebelum hari lebaran tiba. Hal ini juga diiringi dengan banyaknya diskon dari berbagai macam toko. Namun, TemanKami perlu ingat untuk tetap bijak dalam berbelanja dan memanfaatkan diskon, ya! Kamu bisa membaca tipsnya di sini. 
  1. Memasak dan Membuat Kue Kering
    Memasak makanan khas daerah atau membuat kue kering sering kali dilakukan untuk menyambut lebaran. TemanKami juga bisa melakukan ini  untuk menyambut kerabat dan keluarga yang akan datang. Dalam hal ini, kamu bisa memanfaatkannya untuk berjualan makanan dan kuenya, lo!

Dari beberapa persiapan di atas, persiapan yang mana nih yang sudah TemanKami lakukan? Banyaknya hal yang perlu dipersiapkan bisa membuatmu kewalahan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencatat hal-hal yang perlu kamu lakukan dan kamu beli. Jangan lupa untuk tetap bijak finansial dalam mempersiapkannya ya, TemanKami!