AdaKami.id –  Menjelang Idulfitri biasanya masyarakat Indonesia disibukkan dengan membeli baju baru untuk outfit lebaran mereka. Sebenarnya, kita tidak harus selalu membeli baju baru, lo. Sebab, tidak ada kewajiban untuk memakai baju baru saat Idulfitri. Kamu hanya perlu mengenakan pakaian yang bersih dan sesuai dengan norma yang berlaku.

Di samping itu, kebiasaan membeli baju baru berpotensi merusak lingkungan dan mengganggu kesehatan keuanganmu, lo! Oleh karena itu, tidak ada salahnya mendaur ulang  atau upcycle baju lebaran tahun lalu. Kamu penasaran bagaimana caranya? Cek tipsnya di bawah ini, yuk!

1. Pilih Kondisi Baju yang Masih Baik

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih baju dengan tingkat kerusakan yang tidak terlalu parah atau mengalami aus. Selain itu, kamu juga perlu memastikan kondisi baju lama tersebut masih sesuai atau tidak dengan kondisi tubuhmu saat ini.

2. Mix and Match dengan Baju Lain

Baju lebaran tahun lalu terlihat membosankan? TemanKami bisa melakukan mix and match baju lebaran lama dengan menggunakan beberapa teknik. 

Pertama, teknik layering, kamu bisa memadukan kemeja atau blazer, lalu menambahkan aksesori–seperti obi belt pada abaya dress. Kedua, memadukan atasan yang lama dengan bawahan kain yang berbeda ataupun sebaliknya. Ketiga, menggunakan teknik colour block, yaitu menggabungkan dua sampai tiga warna dalam satu outfit. Biasanya, teknik seperti ini didominasi oleh warna-warna cerah atau netral.

Ketiga, teknik mix and match di atas bisa kamu terapkan tanpa mengeluarkan biaya tambahan, lo, TemanKami. Kamu bisa memanfaatkan apa yang ada di lemarimu. Mix and match menjadi cara yang paling mudah untuk kamu melakukan upcycle baju lama.

3. Permak Baju

TemanKami masih kurang puas dengan cara di atas? Kamu bisa melakukan permak baju lebaran lama ke tempat jahit atau menjahit sendiri. Kamu bisa menggunakan beberapa teknik permak, seperti memotong, menjahit, merajut, dan menggabungkan. Hal ini bertujuan membuat baju yang kamu punya terlihat seperti baju baru. Manfaatkan aksesoris yang ada, seperti renda, tali, pernak-pernik, dan lain sebagainya.
Ketiga cara di atas bisa TemanKami terapkan agar kamu tidak hanya bisa menghemat pengeluaran untuk hari raya, tetapi juga menyelamatkan lingkungan dari limbah pakaian. Selain baju lebaran, kamu juga bisa lo tampil fashionable setiap hari dengan budget yang minim. Cek tipsnya lewat artikel AdaKami yang lain di sini, ya!