Dewasa ini, terjadi banyak kasus peretasan data pribadi secara digital. Menurut laporan Katadata di tahun 2022, sejak awal tahun 2020 sampai dengan pertengahan tahun 2022, ada sekitar 2,3 miliar akun yang telah mengalami kebocoran data. Bukan hanya dialami oleh akun milik pribadi, tetapi juga dialami oleh beberapa instansi besar di Indonesia.

Belajar dari kasus-kasus kebocoran data pribadi yang terjadi belakangan ini, kamu perlu mulai melindungi data pribadi kamu. Nah, lima cara ini bisa kamu terapkan untuk melindungi data pribadi kamu:

  1. Pastikan password kamu cukup unik.
    Password adalah kunci utama dan sangat penting untuk masuk ke setiap akun pengguna internet. Oleh karena itu, password yang digunakan perlu dibuat dengan unik dan terjamin kerahasiaannya. Ada beberapa persyaratan dasar yang umum dalam membuat password, yaitu dengan mengombinasikan huruf kapital, huruf kecil, simbol, dan angka.  
  2. Pastikan datamu terenkripsi.
    Enkripsi data merupakan proses pengubahan informasi menjadi suatu format yang tidak bisa dibaca oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Situs yang memiliki system keamanan enkripsi dapat dilihat dari alamat situs yang diawali dengan ‘https’ atau logo gembok di kiri atas sebelah link situs tersebut.
  3. Berhati-hati saat menggunakan jaringan wifi.
    Jaringan wifi di tempat publik sangat rentan digunakan sebagai access point oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, untuk mencuri data pribadi orang-orang yang tersambung ke jaringan tersebut. Maka dari itu, kamu perlu berhati – hati saat menggunakan jaringan wifi di ruang publik.
  4. Waspadai tautan phising.
    Seringkali, dalam beberapa kasus pencurian data pribadi, pelaku mengatasnamakan suatu instansi dalam rangka berbagi hadiah atau promosi. Nah kamu perlu berhati-hati ya, jangan klik link dari pesan pribadi dari orang yang tidak di kenal. Jika kamu mendapatkan pesan pribadi yang mengatasnamakan Adakami, kamu perlu memastikan kebenarannya dengan menelpon ke call center Adakami di 1500077 ya.
  5. Pake mode Incognito saat sedang browsing.
    Mode incognito saat browsing akan berfungsi untuk mematikan perekaman data pada saat kita browsing. Dimana halaman/situs, username, password, cache dan cookies yang kita gunakan tidak akan terekam oleh browser yang kita gunakan. 

Lima cara di atas bisa kamu pakai untuk melindungi data pribadimu. Tidak hanya berlaku untuk situs, tetapi juga aplikasi keuangan. Sebelum membuat akun untuk sebuah aplikasi keuangan, kamu harus memastikan bahwa aplikasi tersebut legal, memiliki system keamanan enkripsi data, dan membaca ketentuan dan kebijakan privasi bagi penggunanya.

Adakami merupakan platform peer-to-peer lending online lokal yang menyediakan fasilitas pinjaman tanpa agunan. Adakami telah terdaftar dan beroperasi dibawah pengawasan OJK, Kemkominfo, dan AFPI. Adakami juga telah tersertifikasi ISO 27001, dengan kata lain Adakami menjamin keamanan dan kerahasiaan data pribadi penggunanya.

Referensi data: Katadata. (2022, Agustus 9). Kasus Kebocoran Data di Indonesia Melonjak 143% Pada Kuartal II 2022. Retrieved from Databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/08/09/kasus-kebocoran-data-di-indonesia-melonjak-143-pada-kuartal-ii-2022