Bagi kamu yang baru ingin membuat perencanaan keuangan, tapi bingung harus memulai dari mana, kamu dapat memulainya dengan mengenal piramida perencanaan keuangan, Piramida perencanaan keuangan merupakan proses yang dapat membantu kamu dalam menentukan prioritas dan merumuskan perencanaan keuangan. Secara umum, piramida perencanaan keuangan terdiri atas tiga bagian utama, yaitu:

  1. Wealth Protection
    Bagian ini adalah fondasi dalam piramida perencanaan keuangan, yang merupakan prioritas pertama dalam perencanaan keuangan. Wealth protection terdiri atas dua komponen penting, yaitu cash flow dan asuransi. Kamu perlu memastikan bahwa kamu memiliki cash flow yang positif agar dapat membuat fondasi piramida yang kokoh. Kamu juga perlu menyiapkan dana darurat dan asuransi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga, yang mungkin akan terjadi. Jika kamu telah memiliki rencana untuk wealth protection yang kokoh, kamu dapat merencanakan untuk bagian piramida selanjutnya.
  2. Wealth Accumulation
    Secara keseluruhan, bagian ini adalah tentang perencanaan keuangan untuk masa depan dan mempersiapkan rencana untuk bagian piramida selanjutnya. Kamu perlu menentukan tujuan keuangan, seperti untuk mempersiapkan dana pensiun, dana untuk pendidikan anak, dan sebagainya. Setelah menentukan tujuan keuanganmu, kamu dapat mulai membuat perencanaan untuk menabung dan berinvestasi untuk mencapai tujuan kamu.
  3. Wealth Distribution
    Saat bagian pertama dan kedua piramida perencanaan keuangan telah terencana dengan baik, kamu dapat mulai memikirkan untuk bagian ketiga atau terakhir.  Pada bagian ini, kamu perlu merencanakan terkait distribusi asset atau pemberian harta waris/hibah setelah kamu meninggal dunia. Kamu dapat berkonsultasi dengan notaris untuk merencanakan distribusi aset.

Tips Adakami: Piramida perencanaan keuangan merupakan sebuah tahapan atau urutan prioritas yang dapat membantu kamu merencanakan keuangan. Perencanaan keuangan juga merupakan proses yang bersifat dinamis. Proses ini juga mungkin akan memakan dedikasi dan waktu yang cukup besar. Oleh karena itu, kamu dapat membuat perencanaan keuangan disesuaikan dengan kondisi keuangan kamu saat ini, dan konsisten dalam merealisasikannya.

Sumber:
Island Savings. (n.d.). Building A Strong Financial Pyramid. Retrieved from Island Savings: https://www.islandsavings.ca/simple-advice/wealth/building-a-financial-pyramid

Reddy, S. (2019, August 12). Financial Planning Pyramid : Wealth Protection, Accumulation & Distribution. Retrieved from Relakhs.com: https://www.relakhs.com/financial-planning-pyramid-wealth-protection-accumulation-distribution/amp/