Adakami.id – Dalam rangka menyambut tahun ajaran baru, apakah TemanKami sudah menyiapkan perlengkapan sekolah untuk si kecil? Sebab, perlengkapan sekolah anak biasanya tidak sedikit sehingga orang tua perlu menyusun anggaran khusus agar tidak mengganggu keuangan keluarga.

Lantas, bagaimana cara menghemat anggaran perlengkapan sekolah anak? Simak penjelasannya di artikel ini, yuk, TemanKami!

1. Buat Daftar

Langkah awal yang penting adalah menentukan apa saja yang diperlukan anak untuk sekolah. Buat daftar rinci tentang apa yang harus dibeli terlebih dahulu, seperti seragam sekolah, sepatu, tas, dan alat tulis. Dengan cara ini, TemanKami bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan anak sehingga anggaran tidak membengkak.

2. Tetapkan Budget

Jangan lupa memisahkan dana khusus untuk kebutuhan belanja sekolah. Selain memastikan dana tersebut tidak tercampur dengan dana keperluan lain, memiliki anggaran juga membantu memastikan pengeluaran sesuai rencana. Dari daftar belanja, kamu bisa memperkirakan berapa anggaran yang harus dialokasikan.

Apabila saat berbelanja menemui banyak diskon yang membuatmu mengeluarkan dana kurang dari anggaran, kamu bisa memanfaatkan sisa uang untuk memenuhi keperluan lain.  Hal yang penting adalah tidak menghabiskan lebih dari anggaran yang telah ditentukan ya, TemanKami!

3. Survei Harga

Setelah menentukan anggaran dan membuat daftar belanja, jangan lupa melakukan survei harga baik di toko online maupun offline! Setelah itu, bandingkan harga mana yang paling sesuai dengan anggaran kamu. Barang-barang di toko online biasanya lebih murah. Namun, jika TemanKami ingin melihat kualitasnya secara langsung, maka toko offline bisa menjadi pilihan.

4. Beli Barang dalam Bentuk Paket

Beberapa barang, termasuk perlengkapan sekolah, biasanya dijual lebih murah jika dibeli dalam jumlah paket. Misalnya, satu pak buku, satu paket pensil dan penghapus, serta buku gambar dan krayon. Oleh karena itu, sebaiknya hindari membeli dalam jumlah satuan, jika penjual menawarkan paket tersebut. Hal ini dapat membantu TemanKami untuk lebih berhemat. 

5. Mendaur Ulang Barang Lama

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan, yaitu mendaur ulang perlengkapan sekolah anak. TemanKami bisa memeriksa kembali barang-barang yang masih layak pakai, seperti tas, pena, dan alat tulis lainnya. Beberapa contohnya yaitu mengolah plastik kemasan menjadi kotak pensil atau memanfaatkan kardus bekas menjadi kotak penyimpanan alat tulis. Dengan cara ini, TemanKami tidak hanya menghemat anggaran tetapi juga mengajarkan nilai-nilai tentang keberlanjutan dan tanggung jawab terhadap lingkungan kepada anak-anak.

Itulah beberapa cara untuk mengelola anggaran perlengkapan sekolah anak yang bisa TemanKami terapkan! Bagi TemanKami yang ingin mengetahui cara lain untuk mengatur keuangan, kamu bisa membaca artikel AdaKami lainnya di sini, ya!