Melansir dari Pajak.com yang tayang pada tanggal 1 Januari 2023, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menargetkan sebanyak 24 juta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bertransformasi digital pada tahun 2023. Didukung pesatnya perkembangan teknologi digital beberapa tahun belakangan, saat ini sebanyak 20,76 juta UMKM yang on boarding digital. Peluang usaha dengan memanfaatkan perkembangan teknologi digital pun terbuka lebar di tahun 2023.

Nah, berikut beberapa peluang usaha yang bisa kamu coba di tahun 2023 agar semakin cuan:

  1. Usaha toko online
    Sejak adanya pandemi COVID 19, masyarakat mulai terbiasa berbelanja melalui e-commerce. E-commerce mempermudah kamu untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Selain itu, e-commerce dapat membantumu menghemat budget untuk sewa toko.
  2. Content Creator
    Pesatnya perkembangan media sosial dari tahun ke tahun, membuka peluang yang cukup besar bagi content creator. Untuk menjadi content creator, kamu dapat memilih tema konten yang dibutuhkan dan diminati masyarakat sesuai dengan kemampuanmu. Kamu dapat mengemasnya dalam berbagai bentuk, seperti podcast, video, tulisan, dan sebagainya. Setelah itu, manfaatkan channel atau akun dalam suatu media sosial untuk memasarkan konten kamu.
  3. Reseller
    Reseller merupakan seseorang yang membeli suatu produk, kemudian dijual Kembali dengan harga yang lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan. Untuk menjadi reseller, kamu perlu menentukan produk apa yang akan dijual dan menetapkan harga yang terjangkau. Kamu juga dapat memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk yang kamu jual.
  4. Afiliasi
    Berbeda dengan reseller, afiliasi merupakan program yang memberi seorang mitra berupa komisi untuk mengajak seseorang membeli suatu produk langsung ke penjualnya. Seseorang yang mejalankan bisnis ini disebut sebagai afiliator. Biasanya, afiliator menggunakan media sosial untuk mengajak orang lain membeli suatu produk melalui link atau kode referral mereka.

Tips AdaKami: Alternatif kegiatan diatas bisa menjadi cara buat kamu mencari penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan kamu. Tapi ingat yah walaupun punya pemasukan tambahan kamu harus tetap punya perencanaan keuangan yang baik.

Sumber:

Hanjarwadi, W. (2023, January 1). 3 Usaha Digital Prospek Menjanjikan di Tahun 2023. Retrieved from Pajak.com: https://www.pajak.com/ekonomi/3-usaha-digital-prospek-menjanjikan-di-tahun-2023/