doc. AdaKami bersama Mangrovejkt.id

Adakami.id- Pada hari Minggu tepatnya tanggal 15 Januari 2023 kemarin, AdaKami bersama dengan komunitas Mangrovejkt.id melakukan aksi tanam 500 bibit pohon di Kawasan Ekowisata Mangrove, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Aksi tanam 500 bibit pohon tersebut bersamaan dengan Hari Seribu Pohon.

Mangrovejkt.id sendiri adalah suatu komunitas yang berinisiasi dalam mempromosikan melindungi bumi dengan cara peduli terhadap keberlangsungan pohon Mangrove. Bukan tanpa alasan AdaKami memilih melakukan aksi tanam 500 bibit pohon Mangrove untuk merayakan Hari Seribu Pohon. Melansir Kompas.com, ada beberapa manfaat pohon Mangrove bagi lingkungan hidup. Apa saja? Simak ulasan di bawah ini:

1)           Menahan menahan dan melindungi daratan dari risiko erosi dan abrasi yang diakibatkan ombak laut. Serta, mencegah terjadinya banjir rob yang diakibatkan pasangnya air laut.

2)           Sebagai habitat, tempat tinggal, dan bertelur hewan-hewan air kecil seperti ikan, udang, dan moluska.

3)           Selain sebagai tempat tinggal, tumbuhan Mangrove juga berguna sebagai produsen rantai makanan hewan laut di daerah pesisir.

4)           Mangrove juga memiliki potensi ekonomi. Selain untuk tempat wisata, Mangrove juga bisa dimanfaatkan sebagai kayu untuk bahan bakar, arang, dan bahan bangunan. Tak hanya itu, Mangrove juga bisa dijadikan bahan baku industri seperti pulp, tanin, kertas, tekstil, makanan, obat-obatan, kosmetik, dan lain sebagainya.

5)           Mangrove juga bisa menyerap polusi udara dan karbondioksida (CO2) lima kali lebih besar dibandingkan pohon lainnya.

Hal ini juga didukung dengan apa yang dikatakan Jonathan Kriss selaku Manager Business Development AdaKami. Dalam rilis pers resmi AdaKami, ia mengatakan jika Mangrove adalah tumbuhan yang kaya akan manfaat.

“Dalam rangka memperingati dan menghormati Hari Menanam 1000 Pohon, kami memilih untuk melakukan penanaman pohon mangrove. Karena pohon mangrove merupakan pohon yang mempunyai banyak manfaat baik dari segi fisik, biologi, dan ekonomi,” jelas Jonathan.

Lewat kegiatan ini, Jonathan berharap semakin banyak orang sadar akan pentingnya keberadaan tanaman Mangrove.

Apalagi Mangrove juga menyumbang peran untuk mencegah terjadinya perubahan iklim akibat global warming.

“ Dan kami berharap semoga kedepannya banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya fungsi pohon untuk kehidupan, sehingga banyak masyarakat yang giat melakukan penanaman mangrove guna kebaikan bumi untuk kedepannya. Semoga kegiatan kami bersama teman-teman volunteer dan tim Mangrove Jakarta bisa berjalan lancar dan dapat menyumbang mencegah terjadinya perubahan iklim.” Ujar Jonathan.

Jonathan juga melihat adanya kesamaan antara AdaKami dengan Mangrovejkt.id yang berupaya memberikan edukasi mengenai manfaat Mangrove bagi lingkungan hidup.

“AdaKami dan Mangrovejkt.id memiliki satu kesamaan di mana Mangrovejkt.id kerap memberikan pengetahuan mengenai pelestarian lingkungan, sedangkan AdaKami melakukan literasi mengenai keuangan digital,” jelas Jonathan saat memberikan pidato pembukaan di acara Aksi Tanam 500 bibit Pohon Mangrove kemarin.

Diharapkan dengan peningkatan pengetahuan terhadap masyarakat tentang lingkungan dan keuangan digital maka secara langsung akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi hijau yang kuat serta juga ramah lingkungan.

(*)