Adakami.id- TemanKami, banyak orang yang berpikir jika menjadi seorang beauty pageant harus berpenampilan menarik, cantik, dan pintar. Ternyata cantik saja tidak cukup untuk menjadikan TemanKami sebagai beauty pageant. Jika TemanKami ingin menjadi seorang beauty pageant, hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah mengetahui persyaratan menjadi beauty pageant secara umum.

Persyaratan setiap negara berbeda-beda, tergantung dengan pihak penyelenggaranya. Namun menurut standar internasional, ada persyaratan yang perlu TemanKami perhatikan, yaitu:

  • Berolahraga dan makan makanan sehat. 
  • Selalu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit, termasuk menghindari jerawat dan terbakar sinar matahari.
  • Hilangkan rambut atau bulu dari area yang terlihat, seperti kaki atau ketiak. Cukur bulu beberapa hari sebelumnya agar tak terlihat iritasi kulit.
  • Latihan dengan pelatih kontes kecantikan, misalnya cara berjalan, berlaku, berbicara selama kontes.
  • Mempersiapkan diri untuk sesi wawancara. Pelajari berbagai pengetahuan umum dan juga isu yang sedang ramai di dunia.

Persyaratan fisik saja tidak cukup membuat TemanKami lolos jika ingin menjadi bagian dari Miss Universe. Pasalnya ada tiga aspek yang perlu TemanKami lengkapi, yakni 3B, brain, beauty, and behavior. Jika TemanKami secara fisik sudah merasa mumpuni untuk menjadi finalis beauty pageant, kamu harus melengkapi aspek brain dan behavior. Di mana dalam aspek brain, cara TemanKami berpikir, menganalisa, dan pengetahuan TemanKami akan diuji dengan pertanyaan-pertanyaan yang akan ditanyakan dewan juri. Pertanyaan yang ditanyakan juga beragam, bisa mengenai isu politik, lingkungan, perempuan, dan ekonomi. Tak heran jika luasnya pengetahuan yang TemanKami miliki akan menjadi pertimbangan.

Selain itu, ada aspek behaviour yang meliputi perilaku. Di mana TemanKami akan diorbitkan sebagai publik figur yang menjadi inspirasi bagi banyak orang. Maka dari itu, bagaimana TemanKami bersikap dan berperilaku juga akan menjadi penilaian. Kalau TemanKami berperilaku buruk, hal itu juga akan berpengaruh pada citra beauty pageant sendiri.

Ada beberapa tips AdaKami jika TemanKami ingin mengikuti ajang beauty pageant:

  1. Cari kontes kecantikan yang sesuai dengan kategori diri

TemanKami bisa memulai dengan mengikuti acara beauty pageant, dengan mencari kontes kecantikan yang sesuai kategori diri. Jika TemanKami masih duduk di bangku kuliah, mungkin kamu bisa ikut beauty pageant tingkat universitas seperti Duta Kampus, Duta Hijab, Abang None, dan sebagainya. Jika TemanKami sudah berumah tangga, mungkin bisa mengikuti kontes kecantikan seperti Miss atau Mrs. Pasalnya setiap kontes kecantikan memiliki kategori, standar, dan syarat masing-masing. Waspadai jika TemanKami melihat persyaratan mencurigakan seperti harus berpose telanjang atau harus membayar uang puluhan juta rupiah. Akhir-akhir ini banyak modus kejahatan yang berkedok acara beauty pageant. Maka dari itu, TemanKami harus hati-hati dengan segala modus penipuan yang mengatasnamakan ajang kompetisi apa pun.

  1. Membuat resume khusus untuk ikut beauty pageant

Berikutnya, buat resume khusus beauty pageant untuk menjelaskan kepada juri mengapa TemanKami harus dipertimbangkan menjadi perwakilan kota, provinsi, atau negara. Berdasarkan WikiHow, TemanKami bisa membuat resume untuk beauty pageant dengan format seperti ini:

  • Pastikan semuanya hasil resume muat dalam satu halaman. Konten resume bisa TemanKami isi dengan memasukkan bakat yang kamu miliki, penghargaan, prestasi, peran kepemimpinan, dan pekerjaan.
  • Margin harus ditetapkan sebesar 1” untuk keempat sisi dokumen Word. Font harus Times New Roman dengan ukuran font 10-12.
  • TemanKami juga akan diminta untuk menjawab pertanyaan yang dibuat oleh panitia kontes kecantikan beauty pageant seperti “Bagaimana kamu melihat isu lingkungan dan polusi?” atau “Masalah apa yang terjadi di Indonesia pada generasi Gen Z”.
  1. Latihan public speaking

Untuk berbicara dengan lantang dan tertata saat di atas panggung membutuhkan latihan. Pastikan TemanKami bisa berbicara dengan lantang dan baik di hadapan para juri dengan mendengar kepercayaan diri dan penuh semangat. Bersiaplah untuk menjawab pertanyaan tentang apa yang membuat TemanKami ingin mengikuti ajang kontes kecantikan dan isu sosial yang ditanyakan. Usahakan memberikan penjelasan jelas dan singkat dengan tenang.

Nah, apakah TemanKami sudah siap untuk mengikuti kontes kecantikan?

(*)

By F