AdaKami.id- Perayaan 17 Agustus-an tidak pernah lepas dari kata merdeka. Pasalnya, kata merdeka kerap menggambarkan perjuangan rakyat Indonesia terbebas dari penjajahan. Menurut KBBI, kemerdekaan memiliki tiga pengertian: (1) bebas (dari perhambatan, penjajahan dan sebagainya), berdiri sendiri; (2) tidak terkena atau lepas dari tuntutan; (3) tidak terikat, tidak tergantung kepada orang atau pihak tertentu. Nah, bicara kebebasan AdaKami mau membahas terkait bebas finansial atau sering disebut dengan istilah merdeka finansial. Apakah TemanKami sudah mengetahui lebih dalam terkait merdeka finansial? 

Menurut investopedia, merdeka finansial atau yang biasa dikenal dengan istilah financial freedom adalah suatu pencapaian saat TemanKami memiliki tabungan, investasi, dan uang tunai yang cukup untuk membiayai gaya hidup yang diinginkan bagi diri sendiri dan keluarga. Banyak orang yang kerap mengaitkan merdeka secara finansial dengan pensiun di mana pada masa itu seharusnya kita tidak memiliki beban ekonomi. Namun pensiun juga bisa menjadi beban bagi orang karena sudah tidak lagi mendapatkan penghasilan bulanan.

Berdasarkan laporan Forbes, biasanya orang sudah mulai pensiun saat memasuki masa pensiun di usia 60-an. Di mana usia tersebut, rata-rata orang sudah tidak lagi seproduktif dulu dan memang saatnya menikmati hasil dari kerja kerasnya yang telah dilakukan.

Sebelum saat itu datang, TemanKami perlu membuat persiapan matang agar merdeka finansial di usia tua.

Menurut AdaKami, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan TemanKami agar bisa merdeka finansial di hari tua nanti:

1) Menyusun goals di hari tua

Untuk merdeka finansial di hari tua, hal pertama yang perlu TemanKami lakukan adalah tetapkan tujuan. TemanKami perlu menetapkan apa tujuan spesifik di hari tua dan target waktu tercapai. Semakin spesifik tujuan yang TemanKami miliki, semakin tinggi kemungkinan untuk mencapainya.

2) Memakai layanan tabungan autodebet

Setelah menentukan tujuan, TemanKami bisa memakai layanan tabungan autodebet yang disediakan oleh bank. Pasalnya saat TemanKami mengikuti program autodebet, saldo rekeningmu akan dipotong otomatis. Jadi TemanKami tidak perlu takut jika uang yang kamu sisihkan terpakai atau tidak. Untuk jumlahnya, TemanKami bisa menyesuaikan dengan aturan yang telah dibuat oleh pihak bank.

3) Atur strategi untuk Passive-Income

Langkah lain untuk merdeka di hari tua, ialah dengan memiliki pendapatan pasif. Pendapat pasif bisa TemanKami dapatkan dari berbagai cara, seperti membangun kost-kost an, memanfaatkan rumah yang tidak terpakai untuk dikontrakkan, atau berinvestasi di berbagai platform investasi yang keamanan sudah terjamin seperti emas, obligasi atau reksa dana.

4) Perhatikan skor kredit milikmu

Skor kredit yang TemanKami miliki adalah angka yang sangat penting untuk diperhatikan saat kamu memutuskan untuk merdeka secara finansial. Pasalnya skor kredit adalah bukti kebiasaan finansial seseorang, sembrono atau tidak dalam membayar utang. Pastikan TemanKami tidak memiliki tanda hitam yang bisa merusak nama baik di hari tua nanti. 

5) Tetap tingkatkan literasi finansial

Saat ingin menentukan tujuan merdeka finansial di hari tua, pastikan TemanKami terus update mengenai perubahan undang-undang perpajakan setiap tahunnya. TemanKami juga perlu mengikuti terus berita keuangan dan perkembangan di pasar saham. Pasalnya pengetahuan merupakan pertahanan terbaik untuk melawan penipu yang menawarkan hal-hal berkaitan kemerdekaan finansial.

6) Sesuaikan gaya hidup dengan kemampuan finansial

TemanKami perlu menyesuaikan gaya hidup dengan kemampuan finansial yang kamu miliki jika ingin merdeka di hari tua. Coba fokus untuk menjalani kehidupan realistis yang tidak memberat dan memaksa di luar kapasitas diri. Jika TemanKami sudah bisa menyesuaikan gaya hidup dengan kemampuan finansial, kesehatan finansialmu akan membaik. Ketika kesehatan finansial TemanKami membaik, kamu akan lebih tenang memikirkan rencana di hari tua.

TemanKami, demikian tadi beberapa hal yang perlu kamu persiapkan untuk merdeka finansial di hari tua. Nah, apakah TemanKami sendiri sudah mempersiapkannya?

(*)

By F