AdaKami.id-  Istilah generasi sandwich sempat populer dan jadi pembahasan banyak orang di awal tahun 2020 kemarin. Istilah tersebut digunakan untuk menggambarkan kondisi para pekerja yang bertanggung jawab membiayai orang tua, keluarga, dan anak. Tentu saja hal itu berpengaruh terhadap kondisi finansial apalagi yang mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan. Kondisi ini bisa mengakibatkan kaum generasi sandwich kerap dihadapkan stres akibat beban finansial yang berat. 

Meski terlihat berat, bermanfaat bagi keluarga adalah hal yang membanggakan dan baik, loh. Tapi, harus diiringi dengan komunikasi serta perencanaan keuangan yang baik. Berikut adalah tips AdaKami untuk tetap merdeka dan bahagia menjadi generasi Sandwich yang tentunya tetap bijak dalam hal finansial:

1. Komunikasikan kondisi finansial ke keluarga

TemanKami harus membicarakan masalah keuangan dengan anggota keluarga. Sebagian orang takut membicarakan hal ini dengan keluarga karena takut berakhir canggung. TemanKami harus bisa jujur tentang kemampuan finansial agar keluarga tidak terlalu memberatkan dalam sisi finansial. Selain itu, kejujuran ini bisa membuat orang tua mengerti tentang kondisi finansial yang TemanKami hadapi. Jika TemanKami ingin membantu keuangan orang tua, bantulah semampunya dan jangan memberatkan diri sendiri.

2. Membuat perencanaan keuangan dengan rumus 50/30/20 atau 40/30/20/10

TemanKami bisa memakai rumus 50/30/20 atau 40/30/20/10 untuk mengelola gaji. Coba sisihkan penghasilan sebanyak 50 persen untuk kebutuhan seperti bayar cicilan, tagihan, belanja bulanan dan lainnya. Sementara itu, 30 persen lainnya bisa kamu masukan ke bagian untuk hiburan dan keinginan. Untuk kamu tabungan, pakai 20 persen sisanya.

Opsi lainnya, TemanKami bisa memakai formula 40/30/20/10 dengan mengatur 40 persen untuk kebutuhan, 30 persen untuk kewajiban, 20 persen untuk tabungan dan 10 persen lainnya untuk berdonasi atau kebaikan. 

3. Mencatat arus kas keluar dan masuk

TemanKami perlu melakukan pencatatan arus kas keluar masuknya uang secara konsisten. Pencatatan tersebut dilakukan untuk mengetahui pergerakan keuangan kamu setiap bulannya. Dengan pencatatan tersebut, TemanKami bisa menentukan rencana keuangan untuk bulan ini dan bulan berikutnya dengan baik. Jadi bisa lebih mudah mengatur kebutuhan keluarga serta kebutuhan pribadi, TemanKami.

4.   Memiliki penghasilan tambahan

Langkah lain yang bisa TemanKami lakukan untuk bisa menjadi generasi sandwich yang merdeka dan bahagia ialah dengan menambah sumber penghasilan. TemanKami bisa menambah penghasilan baik lewat passive income atau active income. Passive income bisa berupa danareksa, obligasi, saham, emas, kontrakan, membuat kost-kostan, atau menyewakan properti. Sedangkan active income bisa TemanKami lakukan dengan mencari pekerjaan tambahan sebagai part-timer atau freelancer.

5.   Mempersiapkan diri menghadapi pensiun

TemanKami perlu mempersiapkan diri menghadapi pensiun untuk menjadi generasi sandwich yang merdeka dan bahagia tanpa harus merepotkan keluarga di masa depan. Coba mulai dengan menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk pensiun pelan-pelan. Jika TemanKami konsisten menyisihkan uang untuk dana pensiun, saat tua nanti kamu tidak perlu membebani siapapun.

6.  Memiliki asuransi kesehatan

Dengan mempunyai asuransi kesehatan, biaya pengobatan bisa ditanggungkan oleh asuransi sesuai dengan kontrak dan kesepakatan bersama. Jadi jika sewaktu-waktu TemanKami jatuh sakit, kamu tidak perlu memerlukan biaya besar ketika harus berobat. Tapi sebelum itu, TemanKami harus paham dan mempelajari bagaimana cara klaim asuransi, manfaat apa saja yang diberikan, dan persyaratan yang berlaku.

Nah, itu 6 tips AdaKami untuk TemanKami yang ingin menjadi generasi sandwich yang merdeka dan bahagia. Tak apa jika TemanKami ingin membantu keuangan keluarga, namun jangan sampai hal itu malah membuat masalah baru dalam kehidupan finansialmu! (*)

By F