AdaKami.id- Membahas soal finansial, perlukah perempuan merdeka dalam segi finansial? Pasalnya banyak perempuan yang memilih untuk tidak bekerja dan hanya mengurus keluarga. Sebenarnya itu sah-sah saja karena perempuan berhak memilih mau menjadi apa pun yang dia inginkan, baik menjadi ibu rumah tangga atau wanita karir. Jika suatu hari nanti TemanKami memilih menjadi ibu rumah tangga, kamu juga perlu belajar mengenai literasi keuangan karena perempuan biasanya menjadi bagian yang mengatur arus ekonomi keluarga. 

Menurut financial planner kondang Prita Ghozie, perempuan perlu merdeka secara finansial baik itu perempuan berkarir atau berumah tangga. Berdasarkan penelitian tim AdaKami dari berbagai sumber, ada 5 alasan mengapa merdeka finansial sangat penting bagi perempuan. Berikut 5 alasannya:

  1. Tulang punggung keluarga

Saat sudah berkeluarga, tugas menjadi tulang punggung keluarga atau pencari nafkah biasanya diemban oleh suami. Namun perempuan sebagai istri, kerap dihadapkan situasi ketergantungan dan kesulitan ekonomi yang mengharuskan dirinya untuk bekerja agar dapur rumah tangga tetap mengepul. Faktornya berbagai macam. Ada yang kehilangan suaminya, suaminya kehilangan pekerjaan, hingga harus menghidupi keluarganya sendiri. Maka dari itu, perempuan perlu untuk mandiri secara finansial. Jika hal tidak terduga terjadi pada keluarga, perempuan bisa menjadi sosok tulang punggung keluarga. Apalagi jika TemanKami adalah seorang single mother.

  1. Kebutuhan perempuan lebih banyak

Perempuan memiliki lebih banyak kebutuhan daripada laki-laki. Seperti harus memiliki stok pembalut, pakaian dalam, hingga skincare. Tentu saja kebutuhan yang lebih banyak tersebut, membutuhkan lebih banyak uang untuk memenuhinya. Apalagi kebutuhan setiap orang selalu bertambah seiring berjalannya waktu dan tahapan kehidupan yang kita lewati. Seperti kebutuhan perempuan single dengan perempuan yang menikah dan memiliki anak juga berbeda. Maka dari itu, perempuan perlu merdeka secara finansial untuk bisa memenuhi segala kebutuhannya.

  1. Terhindar dari financial abuse

Menurut laman verywellmind, financial abuse atau kekerasan finansial adalah cara pasangan untuk mengontrol hubungan dari segi uang. Berdasarkan data Kementerian Perempuan dan Anak Indonesia (KemenPPA), banyak kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terjadi karena kekerasan finansial. Sebagian besar korbannya adalah perempuan. Biasanya tujuan kekerasan finansial dilakukan agar salah satu pihak dalam hubungan memiliki kendali baik laki-laki maupun perempuan. Untuk membebaskan diri dari kekerasan finansial, perempuan perlu merdeka finansial.

  1. Sebagai bentuk aktualisasi diri

Perempuan perlu mandiri secara finansial tidak hanya untuk orang lain, tapi juga untuk diri sendiri. Menurut verywellmind, perempuan yang merdeka finansial, biasanya sudah mengetahui tujuan keuangannya dan hal-hal apa yang ingin ia capai dalam hidup. Ia paham bagaimana menentukan ke mana arah dirinya berkembang. Mengerti perkembangan diri termasuk bentuk dari aktualisasi diri. Pastinya setiap orang ingin bertumbuh menjadi lebih baik kan? Termasuk perempuan, untuk mengembangkan diri, kadang juga membutuhkan modal.

  1. Bentuk self love

Menjadi perempuan yang merdeka finansial juga bisa menjadi salah satu cara untuk mencintai diri sendiri atau yang dikenal self love. Pasalnya perempuan bisa memenuhi kebutuhan sendiri, bisa membahagiakan diri sendiri, dan tahu apa yang diinginkan. Biasanya perempuan yang merdeka finansial juga akan lebih percaya diri, karena salah satu ciri khas mereka adalah tidak mau tergantung pada orang lain. Mereka bisa mengambil keputusan secara sendiri berdasarkan pemikirannya dan mau bertanggung jawab atas dirinya sendiri. 

Demikian tadi beberapa alasan pentingnya perempuan merdeka dalam segi finansial. Mari kita mulai menjadi perempuan yang berdaya secara finansial dengan menjadi generasi bijak finansial bersama AdaKami. Nah, apa nih pendapat TemanKami mengenai pentingnya perempuan untuk merdeka finansial?  (*)

By F