Adakami.id – Masih dalam suasana merayakan kemerdekaan Indonesia, TemanKami perlu tahu bahwa dalam bidang finansial juga ada istilah merdeka secara finansial lho! Merdeka secara finansial merupakan kondisi di mana seseorang memiliki kontrol penuh atas keuangan pribadinya dan tidak lagi tergantung pada pihak lain atau sumber eksternal. Kondisi ini memungkinkan mereka untuk mencapai tujuan keuangan tanpa merasa terbebani oleh utang atau ketergantungan pada pihak lain. Ada salah satu tokoh dalam bidang keuangan yang telah berhasil mencapai kemerdekaan finansial yaitu, Dave Ramsey.

Dilansir dari Ramsey Solutions, Dave Ramsey adalah seorang tokoh inspiratif dalam dunia keuangan pribadi yang telah melewati perjalanan menuju kemerdekaan finansialnya, dan berhasil membantu jutaan orang meraih kemerdekaan finansial. Perjalanan Dave mencapai kemerdekaan finansialnya sudah dimulai sejak Ia berusia 12 tahun. Saat itu, Ia menemukan minatnya dalam dunia bisnis dan kewirausahaan. Dimulai dengan mendirikan bisnis penataan halaman rumput “Dave’s Lawns” hingga memasuki dunia real estate.

Namun, setelah membangun kekayaannya, kondisi finansial Dave mengalami penurunan yang drastis. Kebangkrutan yang dialaminya ini menjadi titik balik dalam hidupnya yang mengubah pandangan dan prinsip tentang keuangan pribadi. Sejak saat itulah Dave mulai mempelajari dan menekuni prinsip-prinsip keuangan yang bijaksana. Ia menyadari bahwa perubahan pertama yang harus dilakukan adalah pada dirinya sendiri. Dengan mengelola karakter dan tindakan sehari-harinya, Dave merasa yakin bahwa ia bisa mengendalikan uang dan mencapai kemerdekaan finansial.  Tak hanya berhenti disana, ia membagikan pelajaran dari pengalamannya kepadabanyak orang melalui buku, kursus, acara radio. Salah satu pelajaran ciri khas Dave Ramsey dalam mencapai kemerdekaan finansial adalah “Dave Ramseys’s 7 Baby Steps”.

Dave Ramsey’s 7 Baby Step mengacu pada serangkaian langkah-langkah kecil dan terukur yang diambil untuk mencapai tujuan keuangan yang lebih besar. Konsep ini dirancang untuk membantu orang mengatasi utang dan mengalokasikan tabungan darurat dengan bijaksana untuk  meraih kemerdekaan finansial. Nah, bagi TemanKami yang ingin memulai perjuangan menuju kemerdekaan finansial, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dalam baby steps Dave Ramsey juga, sebagai berikut:

  1. Baby Step 1: Dana Darurat

TemanKami perlu tahu bahwa dana darurat merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai kemerdekaan finansial. Dana ini akan memberikan perlindungan saat muncul biaya tak terduga seperti perbaikan mobil mendadak atau biaya medis kecil.  Kamu dapat melihat cara menghitung dana darurat ideal di sini ya!

  1. Baby Step 2: Melunasi Utang

Melunasi semua utang konsumtif yang kamu miliki. TemanKami dapat mulai membayar cicilan tepat waktu, atau melunasi utang dengan metode snowball. Metode snowball merupakan cara melunasi utang dengan membayar dari utang dengan jumlah terkecil dahulu sambil tetap membayar cicilan lainnya.

  1. Baby Step 3: Persiapkan Dana Darurat Semaksimal Mungkin

Dana darurat bukan tentang berapa rupiah yang harus disiapkan, tapi berapa kali pengeluaran rutin yang kamu keluarkan setiap bulan. Untuk merasa lebih aman dalam menghadapi keadaan yang tidak terduga, idelanya TemanKami bisa menyiapkan dana darurat yang mencakup 3 hingga 6 bulan pengeluaran hidup.

  1. Baby Step 4: Investasikan 15% dari Pendapatan

Bukan hanya untuk merencanakan kebutuhan saat ini, perencanaan untuk masa depan juga hal yang penting lho! Untuk mulai menata keuangan di masa depan, TemanKami bisa menyisihkan 15% dari pendapatan bulanan untuk ditanamkan pada rencana pensiun atau investasi jangka panjang lainnya.

  1. Baby Step 5: Membuat Tabungan untuk Pendidikan

Bagi TemanKami yang masih berstatus mahasiswa atau bersekolah atau memiliki anak, sisihkanlah dana untuk pendidikan, dengan menggunakan rencana tabungan atau rekening pendidikan yang ditetapkan.

  1. Baby Step 6: Lunasi Cicilan Rumah

Bagi TemanKami yang memiliki cicilan rumah, cobalah melunasi sisa cicilan rumah dengan lebih cepat untuk mencapai kepemilikan rumah yang bebas utang. Dengan begitu, beban keuangan TemanKami akan menjadi sedikit lebih ringan.

  1. Baby Step 7: Membangun Kekayaan dan Berbagi dengan Orang Lain

Setelah TemanKami membangun kekayaan dan telah memenuhi kebutuhan sehari-hari kamu, serta berinvestasi untuk masa depan. Jangan lupa untuk berbagi dengan orang lain yang membuhkan sesuai kemampuan TemanKami.

Dave Ramsey mendesain langkah-langkah di atas untuk membantu orang membangun dasar keuangan yang kuat dan mencapai kemerdekaan finansial. Untuk menyempurnakan 7 Baby Steps di atas, Teman Kami juga perlu kesabaran, disiplin dan konsisten dalam mengelola keuangan pribadi TemanKami. Nah, bagi TemanKami yang masih bingung untuk konsisten dalam mengelola keuangan, kamu dapat menerapkan Tips konsisten ala AdaKami:

  1. Selalu catat setiap pengeluaran dan pemasukan setiap bulannya.
  2. Prioritaskan melunaskan tagihan dan mengumpulkan tabungan dengan disiplin dan konsisten
  3. Rencanakan keuangan untuk investasi dengan risiko yang kecil dan aman. Tidak perlu besar dan ambisius, bisa fokus terlebih dahulu pada investasi yang dapat menyesuaikan nilai tabungan dengan inflasi.

Ketiga tips di atas dapat membantumu membuat langkah kecil dengan progress yang baik. Yuk, mulai lakukan langkah kecil untuk mencapai kemerdekaan finansial dan menjadi bagian dari Generasi Bijak Finansial bersama AdaKami!

(*)