AdaKami.id- Uang adalah hal penting dalam kehidupan. Pasalnya, uang merupakan alat transaksi yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan membayar tagihan. Tak heran jika orang bisa stres jika tidak memiliki atau kekurangan uang. Kondisi tersebut biasanya disebut dengan financial stress atau stres finansial.

Gejala stres finansial sendiri hampir mirip dengan gejala stres dan gangguan kecemasan. Bedanya, pada kondisi stres finansial, pikiran, perasaan, dan sikap orang yang hanya berputar di sekitar isu keuangan.

Menurut psikolog Brad Klontz, stres finansial juga berpotensi mempengaruhi kesehatan mental dan fisik. Berikut beberapa dampak dari stres finansial yang perlu TemanKami ketahui:

1. Insomnia

Salah satu dampak dari stres finansial adalah insomnia. Di mana TemanKami mengalami kondisi susah tidur dan sering terbangun di malam hari karena memikirkan masalah keuangan. Kondisi insomnia tersebut bisa menciptakan TemanKami mengalami kesulitan  feedback loop, di mana kamu mengalami kesulitan dalam mengatasi dan memproses keadaan yang terjadi.

2. Berpengaruh pada kesehatan mental

Melansir pernyataan psikolog Brad Klontz di Huffington Post, kebanyakan stres kronis disebabkan oleh masalah keuangan dan gejalanya hampir mirip dengan post-traumatic stress disorder (PTSD) yang memengaruhi rasa kepercayaan diri. Pasalnya tekanan keuangan membuat TemanKami tidak percaya diri dalam kemampuan mencukupi kebutuhan dan membayar segala bentuk tagihan meski telah bekerja sekeras mungkin. Ketika perasaan tersebut muncul, TemanKami mungkin akan mengisolasi diri dari teman-teman dan keluarga. Selain itu, orang yang mengalami stres finansial biasanya menghabiskan lebih banyak waktu dan energi untuk memikirkan tagihan, menunggu waktu gajian, dan gelisah dengan kondisi keuangan yang dipikirnya kurang baik.  .

3. Berpengaruh pada kondisi kesehatan fisik

Kondisi gangguan kesehatan mental yang diakibatkan oleh stres finansial sangat berpengaruh pada kesehatan fisik. Gangguan kesehatan fisik yang diakibatkan karena stres finansial dapat berupa sakit kepala, jantung, tekanan darah tinggi, gerd dan masalah pencernaan lainnya. Kondisi stres finansial juga bisa mengakibatkan TemanKami kesulitan untuk memprioritaskan kebiasaan sehat seperti tidur yang cukup dan mengonsumsi makanan sehat.

Stres juga bisa menyebabkan penurunan atau peningkatan berat badan pada seseorang. Ada orang yang memilih stres dengan cara makan secara berlebihan. Ada juga yang mengalami stres justru kehilangan nafsu makan dan mengurangi asupan makanan karena stres finansial. 

Demikian tadi pengertian, gejala, hingga berbagai dampak stres finansial yang ternyata cukup serius. Untuk cara mengatasi stres finansial, TemanKami bisa melihat di artikel selanjutnya. Stay tuned di website AdaKami untuk mendapatkan pengetahuan finansial yang lebih banyak!

(*)

By F