Adakami.id – TemanKami takut nggak sih kalau dengar kata “Tanggal tua”? Soalnya, mimin takut nih dengar kata itu apalagi kalau sudah dekat tanggal tua. Tapi stay cool, AdaKami akan kasih beberapa tips agar kamu terhindar dari kata “Tanggal tua”, simak ya!

Tanggal tua merupakan hal yang menakutkan bagi sebagian orang yang sudah bekerja. Karena itu, umum diidentikkan dengan momen saat gaji sudah mulai menipis dan menunggu datangnya hari gajian. Menghadapi akhir bulan dengan uang pas-pasan memang menjadi tantangan, tetapi dengan adanya perencanaan dan disiplin, dapat membuat kamu bertahan dengan baik. 

Yuk, baca 5 tips AdaKami untuk membantu TemanKami menghadapi masa sulit di tanggal tua!

  1. Kontrol pengeluaran

Kunci bertahan di tanggal tua adalah memiliki kendali yang baik dalam pengeluaran. TemanKami, kamu perlu memiliki pemahaman yang jelas tentang seberapa banyak uang yang dihabiskan setiap hari dan ada catatan untuk apa uang itu digunakan. Penting untuk memantau pengeluaran, terutama kategori seperti nongkrong di cafe, belanja di mall atau hiburan lainnya. Pastikan kamu mencatat setiap pengeluaran dan tentukan batas maksimal dari pengeluaran setiap bulannya.

  1. Hindari pengeluaran impulsif

Impulsif adalah musuh utama ketika kita lagi bertahan di tanggal tua. Bicara impulsif, sering kali terkait dengan belanja barang yang seharusnya tidak dibutuhkan atau di luar rencana.  Salah satunya, dengan membuat daftar belanjaan serta mempertimbangkannya dengan baik sebelum pergi berbelanja,, berikan waktu untuk berpikir apakah barang tersebut benar-benar diperlukan.

  1. Manfaatkan aplikasi keuangan

Catat keuangan adalah hal yang penting tapi kadang menjadi ribet kalau dilakukan secara manual. Tapi, sekarang banyak kok aplikasi keuangan yang dapat membantu melacak dan mengelola keuangan kamu. Contoh: Dompetku, Money lover, Monefy dan beberapa pilihan yang lain. Kamu dapat catat pengeluaran, memantau pola pengeluaran, dan banyak juga fitur untuk mengingatkan terkait tagihan wajib setiap bulannya. 

  1. Manfaatkan diskon

Cara efektif lainnya adalah bergabung dengan program diskon atau loyalitas yang ditawarkan oleh toko-toko. Kalian juga bisa memanfaatkan diskon yang ada di marketplace seperti Shopee, Blibli, Tokopedia dan lain lain. Biasanya marketplace sering menawarkan diskon besar apalagi saat campaign seperti double date hingga payday sale yang bisa menghemat uang banyak.

  1. Bandingkan alternatif yang lebih murah

Kesalahan yang sering dilakukan adalah menghabiskan uang lebih dari pemasukan. TemanKami bisa pertimbangkan alternatif yang lebih murah, misalnya naik transportasi umum dibandingkan bawa kendaraan pribadi yang dapat lebih hemat pada bensin dan parkir. Kalian juga bisa mulai masak di rumah sendiri daripada membeli makanan dari luar. Kelebihannya makanan kalian juga lebih sehat dan bisa mengontrol biaya.

Apa nih tips dari TemanKamiuntuk menghadapi situasi sulit di akhir bulan?  untuk menghadapi situasi sulit di akhir bulan?