Tidak terasa, tahun 2022 akan segera berakhir. Kebanyakan orang memanfaatkan momentum ini untuk melakukan evaluasi dan membuat resolusi, agar dapat menjadi lebih baik di tahun selanjutnya. Salah satu caranya ialah membuat resolusi finansial.

Berikut tips yang bisa kamu terapkan untuk membuat resolusi finansial:

  1. Melakukan financial check up
    Menurut The Balance yang tayang pada 16 November 2021 kemarin, financial check up merupakan kegiatan untuk memeriksa kondisi keuangan selama 12 bulan terakhir, serta memastikan cashflow berjalan sesuai financial planning yang telah direncanakan sebelumnya. Financial check up dapat dilakukan dengan menghitung selisih jumlah utang dan asset atau menghitung cash flow.
  2. Menentukan tujuan finansial yang ingin dicapai
    Kamu perlu menentukan tujuan finansial yang spesifik, realistis, dan terukur dalam membuat resolusi finansial. Dengan begitu, kamu dapat merealisasikan resolusi finansialmu dengan lebih mudah. 
  3. Membuat anggaran
    Kamu dapat membuat anggaran dengan cara menghitung pendapatan dan membuat daftar pengeluaran rutin. Setelah itu, kamu dapat merencanakan anggaran untuk masing-masing pengeluaran. Bagi kamu yang memiliki cicilan di Adakami, kamu dapat memasukkan pengeluaran untuk membayar cicilan tersebut dalam daftar pengeluaranmu ya. Dengan demikian, pengeluaranmu akan lebih terukur dan cicilanmu dapat terbayarkan tepat waktu.  
  4. Meningkatkan literasi keuangan
    Literasi keuangan merupakan salah satu kegiatan yang penting dalam mewujudkan resolusi finansialmu. Melansir dari laman resmi OJK, literasi keuangan dapat membantu kamu dalam memilih dan memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan, serta membantumu untuk menghindari aktivitas investasi pada instrument keuangan yang tidak jelas.

Nah, sekarang kamu dapat mulai membuat resolusi finansialmu untuk tahun 2023. Tapi jangan lupa, kamu juga perlu konsisten dalam menjalankan resolusi finansialmu agar dapat mencapai tujuan yang kamu telah tentukan.

Sumber:

Fowless, D. (2021, November 16). How To Do An Annual Financial Checkup. Retrieved from The Balance: https://www.thebalancemoney.com/how-to-do-an-annual-financial-checkup-1289800

Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (n.d.). Literasi Keuangan. Retrieved from Otoritas Jasa Keuangan: https://www.ojk.go.id/id/kanal/edukasi-dan-perlindungan-konsumen/Pages/literasi-keuangan.aspx