AdaKami.id – Memasuki bulan Ramadan, suasana berburu takjil untuk berbuka puasa pun menjadi pemandangan sehari-hari Tidak hanya masyarakat yang berpuasa, masyarakat yang tidak berpuasa pun ikut menyambut suasana Ramadan dengan gembira, terutama berburu makanan takjil. Menyajikan takjil di waktu berbuka bisa menjadi tantangan tersendiri, khususnya bagi anak kos atau yang tinggal sendiri. Beberapa dari TemanKami mungkin memiliki keterbatasan waktu untuk berburu takjil. Selain itu, ada beberapa makanan yang mengalami kenaikan harga. Hal ini pasti menjadi pertimbangan bagi TemanKami saat berburu takjil. 

Untuk mengatasi tantangan tersebut, ada beberapa cara yang bisa TemanKami coba lakukan, lho! Kamu bisa coba memanfaatkan promo atau diskon ramadhan di beberapa restoran. Selain itu, kamu juga bisa mencari katering makanan untuk sahur dan berbuka. Hal ini bisa membantu kamu dalam menjaga pengeluaranmu tetap sama setiap harinya. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memasak takjil sendiri di tempat tinggalmu. Berikut beberapa ide takjil hemat dan mudah yang bisa kamu buat tanpa menguras kantong:

  1. Es Buah
    Es buah bisa menjadi salah satu menu takjil yang bisa kamu buat. Kamu dapat membeli berbagai macam buah di pasar tradisional dengan harga yang terjangkau. Potonglah berbagai macam buah tersebut kecil-kecil. Campurkan dengan es batu dan siram dengan sirup atau air kelapa. Hmm, takjil satu ini pasti segar!
  2. Pisang Goreng Cokelat Keju
    Pisang goreng merupakan salah satu menu takjil andalan yang bisa kamu buat. Potong pisang menjadi beberapa bagian dan goreng hingga kecokelatan. Setelah itu, lelehkan cokelat batangan atau cokelat meses dan tuangkan di atas pisang goreng. Tambahkan parutan keju di atasnya untuk sentuhan gurih yang lezat. Pisang goreng cokelat keju ini tidak hanya mudah dibuat, tetapi juga cocok untuk mengganjal perut yang lapar.
  3. Roti Bakar
    Roti bakar juga bisa menjadi pilihan menu takjil yang mudah dibuat. Cara membuatnya pun mudah, yaitu panggang roti tawar hingga kecokelatan, kemudian oles denganĀ  selai atau saus yang kamu suka. Panggang kembali hingga kedua sisi roti menjadi renyah. Setelah itu, potong menjadi beberapa bagian dan sajikan saat hangat. Takjil ini tidak memerlukan waktu lama untuk persiapannya dan bisa dinikmati dengan lahap.

Ketiga ide takjil hemat dan mudah ini, TemanKami dapat menikmati sajian berbuka puasa yang lezat tanpa perlu khawatir akan biaya dan waktu. Selamat mencoba dan selamat berbuka puasa!