AdaKami.id – Tidak hanya sebagai bulan suci untuk melaksanakan ibadah puasa, Ramadan juga menjadi waktu yang tepat untuk menjalin silaturahmi dengan teman-teman lama. Misalnya, saat berbuka puasa bersama yang biasa kita sebut dengan bukber atau kegiatan sosial, seperti Sahur on The Road. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang justru menghindari kegiatan tersebut karena beberapa alasan. Salah satu alasannya, insecure.

Menurut para ahli, perasaan insecure merupakan suatu kondisi di mana seseorang memiliki rasa takut, gelisah, malu, hingga tidak percaya diri. Dalam situasi sosial, seperti acara reuni, mereka yang merasa insecure sering kali merasa takut dengan pandangan orang lain terhadap mereka. Bisa karena fisik, pencapaian, karier, kondisi keuangan, dan sebab-sebab lainnya.

Apakah TemanKami pernah merasakan hal tersebut? Kalau pernah, simak tips berikut untuk mengatasinya, yuk!

1. Berpikir Positif

Setiap orang memiliki pola pikir yang berbeda dalam menyikapi suatu masalah. Ada yang menyikapinya dengan cara yang negatif dan ada pula dengan cara yang positif. Agar kamu terhindar dari rasa insecure, cobalah berusaha berpikir positif pada diri sendiri, orang lain, dan situasi yang dihadapi.

Salah satu cara yang bisa kamu usahakan, yaitu merefleksikan diri dengan rasa syukur, memaafkan orang lain yang mungkin sempat merendahkan dirimu, dan berusaha melihat sisi positif saat menghadapi masalah atau tantangan. Meskipun tidak mudah, cara ini bisa membuat kamu merasa jauh lebih tenang dan bahagia.

2. Tidak Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Reuni memang merupakan momen untuk saling bertukar kabar (life update) setelah lama tidak bertemu. Biasanya, pada saat seperti ini, teman-temanmu akan membagikan cerita kesuksesan dan kebahagiaannya masing-masing. Rasanya, sulit bukan untuk tidak membandingkan dengan apa yang kamu punya?

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu harus menanamkan pola pikir bahwa setiap orang bekerja dengan kecepatannya masing-masing serta berada di jalur yang berbeda untuk menuju kesuksesan. Cobalah bersyukur dengan segala yang kamu punya. Percayalah bahwa setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

3. Menjaga Kesehatan Fisik

Salah satu cara meningkatkan pandangan dan perasaan terhadap diri sendiri adalah menjaga kesehatan fisik. TemanKami bisa memperbanyak aktivitas fisik, seperti olahraga, menari, atau bahkan berjalan kaki. Hal ini nyatanya berguna untuk meningkatkan suasana hati dan kepercayaan diri, lo.

Jangan lupa juga tidur yang cukup dan berkualitas serta makan makanan yang bergizi. Apabila dilakukan dengan konsisten, hal ini dapat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan, termasuk rasa aman atau secure.


Meskipun rasa insecure merupakan hal yang manusiawi, tetapi jika dibiarkan terus-menerus akan mengganggu stabilitas kehidupan kamu. Jadi, jangan lupa menerapkan tiga cara di atas ya, TemanKami! Semoga setelah kamu menerapkannya, kamu makin percaya diri dan merasa secure. Selain itu, TemanKami juga perlu, lo, mengatasi stres finansial yang akhir-akhir ini sering disepelekan. Kamu bisa mengetahui berbagai tipsnya lewat artikel AdaKami yang lain di sini